Berita Lampung

Komunitas Teras Pendidikan Inspiratif Tanam Mangrove di Pesawaran Lampung

Komunitas Teras Pendidikan Inspiratif Lampung lakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 4.500 batang di Desa Sidodadi, Pesawaran.

Penulis: sulis setia markhamah | Editor: Tri Yulianto
Tribunlampung.co.id/Dok. Komunitas Teras Pendidikan Inspiratif
Kegiatan penanaman mangrove Komunitas Teras Pendidikan Inspiratif bersama tiga lembaga lainnya di Ekomang Cukunyinyi, Desa Sidodadi, Pesawaran, Lampung. 

Tribunlampung.co.id, Bandar Lampung - Komunitas Teras Pendidikan Inspiratif Lampung melakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 4.500 batang, Minggu (18/9/2022).

Komunitas Teras Pendidikan Inspiratif menggandeng Bank Sampah Golden Poltekkes, Masapala (Mahasiswa Sanitasi Pecinta Alam dan Lingkungan) serta HMPS Str Kesling saat penanaman 4.500 pohon mangrove.

Lokasi penanaman 4.500 pohon mangrove oleh Komunitas Teras Pendidikan Inspiratif dan tiga lembaga di Ekomang Cukunyinyi, Desa Sidodadi, Pesawaran, Lampung.

Ketua Pelaksana Mulyawan menjelaskan, penanaman 4.500 pohon mangrove itu sebagai salah satu upaya penghijauan untuk tahun 2022.

Dalam penanaman mangrove di Desa Sidodadi, Pesawaran, Lampung ini Komunitas Teras Pendidikan Inspiratif mengusung tema Terapiin mengANCAM (Aksi Nyata Cegah Abrasi dengan Mangrove).

Baca juga: Warga Kampung Kerawang Minta Pemkot Bandar Lampung Keluarkan Sertifikat Tanah

Baca juga: Nelayan di Bandar Lampung Butuh Alat Tangkap, Bantuan Pemerintah Kerap Tidak Merata

"Kegiatan ini merupakan wujud nyata para pemuda untuk melindungi lingkungan, pelestarian lingkungan serta pencegahan abrasi dan juga sebagai edukasi untuk kita semuanya," jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunlampung.co.id, Senin (19/9/2022).

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 87 peserta, menjadi langkah nyata para pemuda dalam kepedulian terhadap lingkungan.

"Alhamdulillah penanaman mangrove kali ini dapat menanam sebanyak 4.500 bibit," kata Helen Marta Boy Tama selaku Founder Teras Pendidikan Inspiratif.

Lantas Rendy Kurnia yang juga Founder Teras Pendidikan Inspiratif menambahkan, melalui kegiatan ini berharap menjadi langkah awal untuk menumbuhkan kecintaan para pemuda terhadap lingkungan.

Selajutnya manfaat tanaman mangrove atau yang umum dikenal tanaman bakau bagi lingkungan sekitar di tempat tumbuhnya, mulai dari memberi nutrisi untuk lingkungan sekitarnya.

Tanaman bakau memberikan nutrisi berupa kesuburan tanah yang ada di sekitarnya, karena tempat tumbuhnya tanaman bakau berada di antara dataran dan lautan.

Lalu sebagai rantai makanan, tanaman ini berperan sebagai produsen.

Baca juga: 48 Tim Berlaga di Open Turnamen Bola Voli Danrem 043 Gatam Cup 1

Baca juga: Tumpukan Sampah di Pasar Gedong Tataan Pesawaran Bertambah Jadi 2 Titik

Tanaman bakau banyak disukai oleh ikan-ikan kecil dan juga kepiting.

Tidak sedikit ikan yang menggantungkan hidup dengan memakan daun tanaman bakau ini untuk keberlansungan hidup mereka.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved