Berita Lampung

Peringati World Clean Up Day, DLH Lampung Tengah Pilah Sampah Serta Sedekah Sampah

DLH Lampung Tengah menjalankan program pilah sampah dari rumah, edukasi pilah sampah di sekolah serta sedekah sampah.

Penulis: Fajar Ihwani Sidiq | Editor: Reny Fitriani
Tribunlampung.co.id/Fajar Ihwani Sidiq
Simbolis penyerahan sedekah sampah hasil pilah dari rumah oleh Kadis DLH Rony Witono kepada mitra pemulung di TPA Bandar Jaya Timur. Peringati World Clean up Day, DLH Lamteng pilah sampah serta sedekah sampah. 

Tribunlampung.co.id, Lampung Tengah - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Tengah peringati World Clean Up Day (hari bersih-bersih dunia) di Kecamatan Gunungsugih dan Terbanggi Besar.

Peringatan World Clean Up Day tahun ini mengambil tema Saatnya Peduli, Saatnya Beraksi, Pilah Sampah Dari Rumah, DLH Lampung Tengah membuat sejumlah program kebersihan.

Dengan melibatkan petugas kebersihan dan masyarakat, DLH Lampung Tengah menjalankan program pilah sampah dari rumah, edukasi pilah sampah di sekolah serta sedekah sampah.

"Kegiatan di Kecamatan Terbanggi Besar dipusatkan di Kelurahan Yukumjaya, Bandarjaya Timur dan Bandarajaya Barat. Sementara di Gunungsugih, dipusatkan di Kelurahan Seputihjaya," kata Kepala Dinas BLH, Rony Witono, Senin (26/9/2022).

Aksi memilah sampah lanjut Rony, dilakukan di areal perkantoran Pemkab Lampung Tengah dan juga di kawasan perumahan di Yukumjaya, Seputihjaya, dan Bandarjaya.

Baca juga: Lulusan SMK Sumbang 8,53 Persen Angka Pengangguran Terbuka di Lampung

Baca juga: 64 Klub Ramaikan Turnamen Futsal Karang Agung Season 8 Tahun 2022 di Lampung Barat

Sementara edukasi sampah dipusatkan di Madrasah Tsanawiyah (MTs Negeri Poncowati).

"Sampah yang sudah dipilah, yang bisa didaur ulang kami pisahkan, lalu kami sedekahkan kepada mitra pemulung di TPA Bandarjaya Timur," imbuhnya.

Dengan program World Clean Up Day ia berharap, akan menimbulkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Peringatan World Clean Up Day yang jatuh setiap 17 September di Indonesia diperingati 18 September di Jakarta dan di Lampung Tengah digelar pada 10-25 September lalu.

Sementara di seluruh dunia World Clean Up Day diperingati di 191 negara.

"Lampung Tengah menjadi bagian dari target 13 juta relawan kebersihan dengan tema Menuju Indonesia Bersih Bebas Sampah," ungkap Rony Witono.

Tema di atas diangkat sebagai wujud semangat persatuan menuju Indonesia Bersih melalui jaringan Leadership, Partnership, dan seluruh masyarakat dalam kampanye Kami 13 Juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah.

Anton salah satu relawan kebersihan lingkungan mengatakan, World Clean Up Day menjadi sangat penting, apalagi ia beranggapan masih banyak masyarakat yang kurang peduli akan kebersihan lingkungan.

Menurutnya, masih banyak warga di Lampung Tengah yang membuang sampah di sembarang tempat, bahkan di pinggir-pinggir jalan dan fasilitas umum.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved