Breaking News:

Banjir di Lampung

Breaking News Tanggul Sungai Jebol, Lima Rumah di Pesisir Barat Lampung Hanyut

Peristiwa tanggul jebol di daerah aliran sungai wilayah Pesisir Barat, Lampung karena tidak kuat menahan volume air sungai Way Laay meningkat.

Tribunlampung.co.id/Saidal Arif
Lima rumah warga di Pekon Penengahan Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung rusak parah akibat banjir luapan sungai Way Laay. Tidak hanya itu meningkatnya volume air juga akibatkan tanggul jebol. 

Tribunlampung.co.id, Pesisir Barat- Tingginya curah hujan yang terjadi Pesisir Barat, Lampung menyebabkan banjir hingga membuat tanggul di daerah aliran sungai (DAS) di Pekon Penengahan Kecamatan Karya Penggawa jebol.

Peristiwa banjir dan tanggul jebol di daerah aliran sungai wilayah Pesisir Barat, Lampung tersebut terjadi karena tidak kuat menahan volume air sungai Way Laay yang meningkat.

Volume air sungai  Way Laay meningkat setelah hujan deras mengguyur wilayah Pesisir Barat sejak Sabtu (12/11/2022) sore. Akibatkan tanggul jebol dan air meluap.

Akibat banjir dan tanggul jebol tersebut, sejumlah lima rumah warga yang berada di daerah aliran sungai mengalami kerusakan yang cukup parah.

Pantauan Tribunlampung.co.id, kerusakan rumah mayoritas pada bagian belakangnya, atau dapur. Dimana dapur kelima rumah milik warga hanyut atau ikut terseret banjir.

Selain itu, derasnya arus banjir dari sungai Way Laay juga menghanyutkan sejumlah perabotan rumah tangga.

Baca juga: Dikeluarkan dari Sekolah, Siswi MAN I Pesisir Barat Lampung Pilih Kerja di Rumah Makan

Baca juga: Persiapan Pemilu 2024, Bawaslu Pesisir Barat Lampung Rakor Penyelesaian Sengketa

Bahkan satu rumah milik warga bernama Andar mengalami kerusakan yang cukup signifikan dan tidak bisa dihuni lagi.

Pasalnya, sebagian dinding rumah dan dapur hanyut terbawa banjir.

Menurut Peratin Pekon Penengahan Miftah Farid mengatakan, jebolnya tanggul tersebut diperkirakan terjadi, Minggu (13/11/2022) pukul 02.00 WIB.

" Jebolnya tanggul ini akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sejak Sabtu (12/11) Pukul 18.00 WIB hingga Minggu pagi," ujarnya, Minggu (13/11/2022)

Miftah menambahkan, setelah diguyur hujan, sungai Way Laay itu  banjir sekira Sabtu (12/11/2022) malam pukul 22.00 WIB. Airnya terus membesar.

Karena tidak kuat menahan besarnya debit air, tanggul di daerah aliran sungai itu jebol dan merusak rumah warga.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa.

" Ada lima rumah warga yang mengalami kerusakan akibat banjir dan menghanyutkan dapur serta perabotan rumah," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved