Berita Terkini Nasional

DPR RI Terima Usulan Calon Tunggal Panglima TNI KSAL Laksamana TNI Yudo Margono

Jokowi usulkan calon tunggal Panglima TNI ke DPR RI yakni  KSAL Laksamana TNI Yudo Margono.

Editor: Tri Yulianto
Tribunlampung.co.id/Tribunnews
Usulan calon tunggal Panglima TNI diungkapkan Ketua DPR RI Puan Maharani, di Gedung Parlemen, Senayan, Senin (28/11/2022) yakni Laksmana TNI Yudo Margono. 

Tribunlampung.co.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengusulkan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksmana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI.

KSAL Laksmana TNI Yudo Margono jadi calon tunggal yang diusulkan Presiden Joko Widodo ke DPR RI untuk jabatan Panglima TNI.

Apabila DPR RI menyetujui usulan Presiden Joko Widodo maka Laksmana TNI Yudo Margono akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

Usulan calon tunggal Panglima TNI diungkapkan Ketua DPR RI, Puan Maharani, di Gedung Parlemen, Senayan, Senin (28/11/2022).

"Nama yang diusulkan oleh Presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa SE.MA.Msc adalah Laksamana TNI Yudo Margono SE.MM, Kepala Staf Angkatan Laut atau KSAL yang menjabat saat ini," kata Puan.

Ia menepis spekulasi adanya perubahan nama yang tercantum dalam surat presiden (surpres) terkait calon Panglima TNI pengganti Andika Perkasa.

Baca juga: Calon Panglima TNI Pengganti Jenderal Andika ke Matra Laut, KASAL: Saya Tidak Mau Berandai-andai

Baca juga: Jawaban Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Soal Isu Anak KSAD Tak Masuk Akmil

Puan mengatakan bahwa surpres calon Panglima TNI baru dikirim hari ini ke DPR oleh pemerintah melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Ia mengatakan spekulasi yang terjadi, bahwa ada yang menyebut supres sudah sempat dikirim lalu diambil dan dikirim kembali ke istana.

"Spekulasi bahwa jangan jangan ada peegantian nama yang diusulkan presiden tidak ada sama sekali surat baru diterima hari ini dan secara langsung saya didampingi pimpinan DPR yang lain menerima langsung dari bapak Mensesneg," pungkasnya.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyerahkan langsung surpres kepada pimpinan DPR RI.

Berdasarkan surpres tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI.

"Dan pada kesempatan ini saya akan mengumkan bahwa nama yang diusulkan oleh presiden untuk menggantikan Panglima TNI Andika Perkasa adalah, ini sesuai yang ada di dalam surat, adalah Laksamana TNI Yudo Margono," ujar Puan.

Ia menambahkan, dengan usulan tersebut maka Laksmana TNI Yudo Margono dapat mulai untuk mengikuti mekanisme yang berlaku di Komisi I.

"Bisa segera mengikuti proses dan mekanisme di DPR untuk nanti melaksanakan mekanisme fit and proper (test) di DPR," imbuhnya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved