BREAKING NEWS LAMPUNG

Dapat Remisi II HUT RI, 12 Napi di LP Kelas II Kalianda Bebas

Sebanyak 12 narapidana di LP kelas IIA Kalianda mendapatkan remisi II pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 hari ini, jumat (17/8).

Dapat Remisi II HUT RI, 12 Napi di LP Kelas II Kalianda Bebas
Tribunlampung/Dedi
Plt Kepala LP kelas IIA Kalianda, M. Mulyana 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMSEL - Sebanyak 12 narapidana di LP kelas IIA Kalianda mendapatkan remisi II pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 hari ini, jumat (17/8). Mereka pun bisa menghirup udara bebas. Karena masa hukumannya berakhir dengan adanya pemberian remisi.

Menurut Plt Kepala LP kelas IIA Kalianda, M. Mulyana pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73  hari ini, dari 603 napi yang menghuni LP kelas II Kalianda sebanyak 222 diantaranya mendapatkan remisi (pengurangan hukuman). Dimana 12 diantaranya mendapatkan remisi II (langsung bisa bebas).

Baca: Meriahkan HUT RI ke-73, 7 Desa di Abung Semuli Ikuti Pawai Budaya

“12 Napi yang mendapatkan remisi II ini bisa bebas, karena masa hukumanya telah habis setelah dikurangi remisi. Namun ada 1 napi yang masih harus membayar denda atau menjalani hukuman tambahan (subsider),” terangnya.

Jika napi tersebut membayarkan denda, maka ia bisa langsung bebas. Namun jika yang bersangkutan tidak membayarkan denda, maka ia harus menjalankan hukuman subsider (tambahan).

Baca: Demi Kibarkan Merah Putih, Pelajar Perbatasan RI-RDTL Terpaksa Panjat Tiang Bendera, Videonya Viral

“Itu Napi untuk kasus kehutanan. Jika ia membayar denda yang sudah diputuskan (dalam vonis pengadilan), ia bisa bebas. Tapi jika tidak membayar denda, ia harus menjalani hukuman tambahan (subsider),” kata Mulyana.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, untuk napi yang mendapatkan remisi pada peringatan HUT kemerdekaan RI ke 73 ini diantaranya napi kasus narkoba dan kasus pidana umum.

Napi yang mendapatkan remisi, merupakan napi yang telah menjalani hukuman minimal 6 bulan sebelum tanggal 17 Agustus, berkelakuan baik selama menjalani hukumannya. Penyerahan remisi ini dilakukan secara simbolis oleh plt bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

“Untuk remisi yang diberikan antara 1 hingga 6 bulan. Tergantu masa tahanan napi dan prilaku saat menjalani hukuman,” tandas Mulyana.(dedi/tribunlampung)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help