Tribun Bandar Lampung

Pria Berompi Gasak Uang Kotak Amal di Masjid Lailatul Qadar, Kedaton

Aksi pencurian uang di kotak amal masjid terjadi lagi di Bandar Lampung. Kali ini, di Masjid Lailatul Qadar.

Pria Berompi Gasak Uang Kotak Amal di Masjid Lailatul Qadar, Kedaton
Tribun Lampung/Hanif Risa Mustafa
Aksi pelaku pembobolan kotak amal di Masjid Lailatul Qadar terekam CCTV. 

LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG HANIF RISA MUSTAFA

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Aksi pencurian uang di kotak amal masjid terjadi lagi di Bandar Lampung. Kali ini, peristiwanya di Masjid Lailatul Qadar, Jalan Kiwi, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Kedaton.

Pembobolan kotak amal di Masjid Lailatul Qadar itu terjadi pada Minggu (18/11/2018) pagi. Ketika itu, masjid dalam kondisi kosong. Aksi pelaku terekam kamera closed circuit television (CCTV) masjid.

Pengamatan Tribun Lampung melalui kamera CCTV masjid, pelaku memasuki area masjid sekitar pukul 07.15 WIB. Pelaku yang kemungkinan seorang pria itu, menggunakan rompi warna hitam dengan kaus warna putih dan berkacamata. Ia membawa tas ransel.

Setelah beberapa waktu masuk ke dalam masjid, pelaku menghampiri kotak amal. Ia tampak berusaha mencongkel kotak amal menggunakan obeng.

Upaya itu beberapa kali gagal. Namun akhirnya, pelaku berhasil mencongkel kotak amal pada bagian kanan bawah, lalu menggasak uang di dalamnya.

Yapan Efendi, pengurus Masjid Lailatul Qadar, mengungkapkan, aksi pencurian uang di kotak amal baru ketahuan oleh sejumlah jemaah yang hendak salat zuhur.

"Jemaah kaget, kotak amal yang terpasang di tembok dekat pintu masuk bagian bawah sudah jebol. Uang di dalamnya sudah tidak ada," katanya, Selasa (20/11/2018).

Yapan menjelaskan, pelaku masuk ke dalam masjid seolah-olah hendak ke toilet.

"Pelaku kelihatannya icak-icak (pura-pura) mau buang air besar. Nggak tahunya mau maling," ujarnya.

Dari pengamatan di CCTV, beber Yapan, pelaku cukup lama membongkar kotak amal, yakni sekitar delapan menit.

"Kotak amalnya kan dari besi. Sempat jatuh juga karena nggak kebuka. Akhirnya, jebol lewat samping. Pelaku langsung masukin uang ke tas ransel," tuturnya.

Terkait berapa jumlah uang yang raib dari dalam kotak amal, Yapan tidak bisa memastikan. Sebab, jelas dia, pengurus masjid telah membuka kotak amal tersebut pada Jumat (16/11/2018) lalu usai ibadah salat Jumat.

"Jadi, asumsinya nggak banyak (jumlah uang yang hilang)," katanya seraya memastikan telah melapor kepada Bhabinkamtibmas setempat.

Penulis: hanif mustafa
Editor: yoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved