Tribun Lampung Selatan

20 Unit Huntara Siap Huni di Desa Banding Belum Terpasang Listrik PLN

NU Perduli Tsunami Lampung Selatan mempertanyakan kesanggupan pemkab Lampung Selatan dan pihak PT PLN untuk memasang jaringan listrik di huntara.

20 Unit Huntara Siap Huni di Desa Banding Belum Terpasang Listrik PLN
Tribunlampung/Dedi
Huntara di Desa Banding 

Laporan Wartawan Tribunlampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMSEL - Nahdatul Ulama (NU) Perduli Tsunami Lampung Selatan mempertanyakan kesanggupan pemerintah kabupaten Lampung Selatan dan pihak PT PLN untuk memasang jaringan listrik ke lokasi hunian sementara (huntara) warga korban tsunami di pesisir kecamatan Rajabasa.

Pasalnya hingga saat ini, dimana 20 unit huntara yang dibangun oleh NU Perduli Kemanusian untuk tsunami selat Sunda yang berada di desa Banding siap untuk ditempati warga yang rumahnya hancur. Jaringan listrik yang dijanjikan belum juga terpasang.

“Sampai saat ini jaringan listriknya belum juga terpasang. Baru ada pemasangan tiang-tiang saja,” kata Zainal dari NU Perduli Kemanusian kabupaten Lampung Selatan di lokasi huntara desa Banding, Kamis (31/1).

Dirinya mengatakan saat rapat terkait dengan rencana penyiapan huntara beberapa waktu lalu dengan tim tanggap bencana pemerintah disebutkan jika untuk jaringan listrik ke lokasi huntara akan dipasang oleh pihak PLN.

Tetapi untuk jaringan listrik pada setiap unit huntara nantinya dipasang oleh pihak pembuat huntara.

Pamitnya Mau Nyapu Halaman, Suami Ini Malah Pergoki Istrinya di Rumah Kosong dengan Pria Berondong

NU Perduli Tsunami selat Sunda pun melihat baik pemerintah daerah maupun pihak PLN kurang serius membantu memasang jaringan listrik ke lokasi huntara yang nantinya akan ditempati oleh warga yang rumahnya hancur terkena tsunami.

“Kalau kita lihat kesannya sepertinya setengah hati. Tiangnya sudah dipasang beberapa waktu lalu, tetapi jaringan kabel  dan dayanya hingga sekarang belum. Padahal huntara yang kita buat sudah siap untuk ditempati warga,” terang Zainal.

Provinsi Lampung Urutan 6 Kasus DBD Tertinggi di Indonesia pada Januari 2019 hingga Tanggal 29

Ia mengatakan jika memang untuk pemasangan kabel/daya ke lokasi huntara itu dibutuhkan biaya atau pembelian kabel. Seharusnya sejak awal hal tersebut disampaikan.

Untuk di desa Banding sendiri, selain 20 unit yang disiapkan oleh NU perduli kemanusian untuk tsunami selat Sunda. Juga ada sekitar 23 unit huntara yang akan dibangun oleh MDMC Muhammadiyah. Lokasinya keduanya tidak berjauhan.

Bagaimana Prakiraan Cuaca Lampung di Akhir Bulan Januari 2019? Ini Kata BMKG

Halaman
12
Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved