Lima Hal yang Sebaiknya Dihindari dalam Mendidik Si Kecil

Mama memang baik untuk melarang si kecil, namun jangan sampai Mama melarang hal-hal yang sebaiknya baik untuknya.

Lima Hal yang Sebaiknya Dihindari dalam Mendidik Si Kecil
Tabloid nakita
Ilustrasi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Setiap orangtua pasti ingin anaknya tumbuh jadi anak yang disiplin dan punya perilaku baik. Sayangnya, banyak orangtua yang justru melakukan kesalahan dalam mendidik anak. Kesalahan berikut justru tidak membuat anak menjadi sosok yang disiplin. Maka sebaiknya Mama menghindari hal-hal berikut ini ketika sedang mengasuh serta mendidik anak.

1.Mengucapkan hal terlalu negatif

Melarang atau menasehati anak memang jadi salah satu tugas Mama. Namun sebaiknya jangan terlalu banyak mengucapkan hal negatif seperti. “Nakal sekali ya! Jangan memukul teman!” Kata negatif tersebut akan dipahami sebagai sesuatu yang buruk baginya. Selain itu, Mama cenderung tidak menjelaskan kepada anak apa yang seharusnya ia lakukan dan tidak menjelaskan alasan mengapa hal itu dilarang. Buat komunikasi terbuka pada anak agar ia memahami mana yang boleh dilakukan dan tidak.

2.Terlalu berharap banyak dari anak

Mama sebaiknya jangan mengharapkan anak duduk di kursi dengan tenang saat makan. Jangan memarahinya sebab wajar pada usia dua hingga tiga tahun anak bereksplorasi dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu, anak belum secara sempurna mengembangkan kontrol impuls dan emosinya. Jadi wajar saja jika mereka masih berantakan dan rewel tanpa mengenal tempat. Mama lebih baik memberi contoh dan melatihnya saat di rumah dalam menghadapi situasi tertentu.

3. Tidak menjadi contoh yang baik

Jangan harap ingin anak punya kata-kata yang santun dan lembut jika Mama dan Papa kerap mengumpat atau mengatakan kata kasar. Anak benar-benar meniru dan melihat apa yang ada di sekitarnya. Jadi, jangan ragu untuk memberi contoh dan mempraktikkan cara tepat dalam bersosialisasi dengan orang lain. Jangan lupa berikan contoh soal sopan santun misalnya mengucapkan terima kasih ketika mendapatkan pertolongan.

4.Mendidik setiap anak dengan cara yang sama

Tahukah Mama bahwa setiap anak sudah memiliki karakternya? Jadi, Mama jangan samakan cara mendidik sang kakak dengan adik sebab mereka punya cara masing-masing. Misalnya pada anak yang sensitif, Mama sebaiknya tidak banyak menggunakan cara yang keras dan terlalu ketat. Hal ini akan membuat anak depresi dan menganggap Mama adalah sosok yang jahat untuknya. Maka lebih baik Mama menyesuaikan dengan sikap bawaan yang dimiliki si kecil.

5.Terlalu banyak melarang

Mama memang baik untuk melarang si kecil, namun jangan sampai Mama melarang hal-hal yang sebaiknya baik untuknya. Misalnya anak yang bermain di luar ruangan untuk bereksplorasi. Mama jangan melarangnya sebab kesalahan dalam mendidik anak yang sering terjadi adalah larangan tersebut dilakukan karena Mama malas untuk menjaganya. Banyak orangtua yang memilih cara aman dan mudah sehingga lebih baik melarang anak untuk melakukan eksplorasi dengan lingkungan sekitarnya.

Editor: Reny Fitriani
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved