Masih Ada Bus Tak Laik Jalan, Pemudik Diimbau Naik Bus Berstiker Angkutan Lebaran

Pihaknya juga mengimbau kepada semua pengusaha bus untuk dapat memperbaiki armadanya yang dinyatakan tidak laik sehingga dapat beroperasi.

Masih Ada Bus Tak Laik Jalan, Pemudik Diimbau Naik Bus Berstiker Angkutan Lebaran
Tribun Lampung/Eka Achmad Solihin
Ramp check di Terminal Rajabasa. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Sebanyak 300-an bus angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan kota antar provinsi (AKAP) sudah menjalani uji kelaiakan (ramp check) di Terminal Rajabasa hingga batas terakhir, Selasa (5/6/2018).

"Ya hingga hari ini (Selasa) batas akhir sudah sekitar 300-an (AKAP+AKDP) yang di-ramp check," kata Kepala Terminal Tipe A Rajabasa Denny Wijdan.

Baca: Alasan Istri Sakit, Pemuda Pengangguran Tipu Perempuan Jakarta Rp 40 Juta

Baca: Asyik, SIM dan Pajak STNK Jatuh Tempo Saat Libur Lebaran Tak Kena Denda

Baca: Mendagri Minta Mahasiswa Deteksi Dini Paham Radikal di Kampus

Ia menegaskan, pihaknya saat ini masih dalam proses penginputan (on progres) sehingga belum bisa menyebutkan berapa armada bus yang tidak laik jalan.

Sementara, 30 bus yang sempat dinyatakan tidak laik beberapa waktu lalu sudah sebagian dilakukan perbaikan sehingga dapat kembali beroperasi.

"Jadi sudah banyak sebagian yang diperbaiki, untuk yang belum akan pelan-pelan diimbau. Intinya kami tetap jaga keselamatan ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) dan untuk armada bus yang tidak laik tidak mau memperbaiki maka kita larang jalan," ungkapnya.

Masyarakat pengguna layanan bus yang akan melaksanakan mudik Lebaran diimbau untuk dapat menaiki bus-bus yang sudah dipasang stiker sebagai tanda sudah dilaksanakan ramp check.

"Ya masyarakat tentunya sudah lebih pintar sehingga tahu mana yang layak dinaiki dan mana yang tidak seperti dengan terpasangnya stiker pada bus," tuturnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada semua pengusaha bus untuk dapat memperbaiki armadanya yang dinyatakan tidak laik sehingga dapat beroperasi.

Baca: Gara-gara Bau Badan Seorang Penumpang Pria, Pesawat Mendarat Darurat

Baca: Pembunuhan Keji Model Cantik Selingkuhan Najib Razak, Mantan Polisi Siap Buka-bukaan

Baca: Bikin Ngeri! Sepasang Kekasih Terjebak dalam Tawuran Sahur on the Road

"Jadi sama-sama saling berikan imbauan ke pengguna saja dan pemilik kendaraan," jelasnya.

Pihaknya juga sudah melaksanakan beberapa kesiapan dalam rangka menyambut suasana arus mudik dan Lebaran seperti penyedian posko terpadu pelayanan, pengaduan, kesehatan lintas sektoral, pengamanan dari TNI dan Polri.(*)

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: nashrullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved