Disnakertrans Lampura Raih Sertifikat ISO ‎Pelayanan

Disnakertrans Lampura memperoleh sertifikat sistem manajemen mutu SNI ISO : 9001:2015 dari lembaga sertifikasi manajemen PT Global Inspeksi.

Disnakertrans Lampura Raih Sertifikat ISO ‎Pelayanan
Tribunlampung/Anung
Disnakertrans Lampura Raih Sertifikat ISO ‎Pelayanan 

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI – Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lampung Utara (Lampura) memperoleh sertifikat sistem manajemen mutu SNI ISO : 9001:2015 dari lembaga sertifikasi manajemen PT Global Inspeksi.

Kabupaten Lampura menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang menerima sertifikat tersebut. Di Indonesia, hanya 18 kabupaten/kota yang memperoleh penghargaan itu.

Demikian diungkapkan Plt Kepala Disnakertrans, Mikael Saragih. “Sertifikat itu kami terima pada 10 Desember 2018, yang merupakan penilaian pelayanan standar mutu terhadap masyarakat yang berstandar internasional,” katanya, Kamis 27 Desember 2018.

Dijelaskan, apresiasi tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Dan Perluasan Kesempatan Kerja, Kementerian Tenaga Kerja Dan Transmigrasi, Maruli Apul Hasoloan.

Dijelaskan, ruang lingkup yang dijadikan sebagai bahan diterbitkannya sertifikat itu berupa, pelayanan Kartu Pencari Kerja (AK/I), Pendataan Pencari Kerja (AK/II), Pendataan Lowongan Kerja Di Pemberi Kerja (AK/II), Pemanggilan Pencari Kerja (AK/IV), serta Pengantar Pemberi Kerja (AK/V).

“Sertifikat ini merupakan yang pertama yang kami terima. Penilaian dilakukan sejak  Agustus 2018 lalu,” ujarnya.

Status Gunung Anak Krakatau Siaga, Ketinggian Debu Vulkanik 10 Km, Sebaran hingga 143 Km

Ketika ditanya langkah yang dilakukkan untuk memperatahankan setifikat tersebut, mengingat evaluasi terus dilakukan tiap tahunnya, Saragih mengaku akan terus membenahi dari segi sarana dan prasaran yang terbilang masih sementara.

Kemudian, perlu adanya bimbingan tenaga ahli dibidangnya, serta hal yang paling krusial yakni mengenai biaya yang harus dianggarkan, guna kelanjutan program yang ada di Disnakertrans Lampura, terutama dalam bidang pelayanan.

Tribunnews.com Bersama ACT Buka Dompet Kemanusiaan untuk Bantu Korban Tsunami Banten dan Lampung

Ketua DPRD Lampura Rachmat Hartono mengatakan dirinya meminta kepada dinas tenaga kerja dan transmigrasi untuk meningkatkan pelayanan, setelah menerima sertifikasi ISO. "Saya apresiasi Disnakertrans telah menerima Sertifikat ISO mengenai pelayanan," jelasnya.

Ia juga meminta kepada Disnakertrans tak berpuas diri, tapi harus terus memberikan contoh serta pelayanan yang terbaik untuk masyarakat banyak.

“Saya berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2015 tak puas diri tapi malah menjadi cambuk untuk terus meningkatkan pelayanan secara maksimal ke masyarakat Lampung Utara,” katanya.

Pemberian sertifikat ISO 9001:2015 sudah melalui berbagai penilaian dan berstandar internasional sehingga harus mampu mempertahankan serta membuktikan bahwa pelayanan di OPD tersebut terus ditingkatkan. Bahkan, diharapkan dapat menjadi contoh bagi OPD lain untuk terus berkarya dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved