Tribun Bandar Lampung

Unila-Itera Dapat Jatah 1.789 Beasiswa Bidikmisi

Di Lampung, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi memberi jatah beasiswa Bidikmisi untuk dua kampus negeri, yakni Unila dan Itera.

Unila-Itera Dapat Jatah 1.789 Beasiswa Bidikmisi
Situs Kemenristek Dikti
Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Penerimaan Mahasiswa Baru telah melewati tahapan demi tahapan. Panitia telah mengumumkan mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi atau jalur prestasi. Namun, pengumuman mahasiswa baru penerima beasiswa Bidikmisi masih dalam proses.

Di Lampung, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi memberi jatah beasiswa Bidikmisi untuk dua kampus negeri, yakni Universitas Lampung dan Institut Teknologi Sumatera. Total jatah beasiswa Bidikmisi untuk dua kampus itu sebanyak 1.789 mahasisiwa baru.

"Untuk Unila, ada 892 mahasiswa yang akan menerima beasiswa tersebut," kata Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unila Hero Satrian Arief, Selasa (21/5/2019).

Dari tahapan verifikasi berkas beasiswa Bidikmisi Unila, panitia menyatakan 33 mahasiswa baru jalur SNMPTN gugur. Itu karena mereka tidak melakukan registrasi dan tidak hadir dalam verifikasi berkas serta wawancara.

"Dari 33 mahasiswa baru yang gugur tersebut, ada satu orang yang mengundurkan diri dari seleksi calon penerima beasiswa Bidikmisi," ujar Hero.

Setelah proses verikasi berkas dan wawancara selesai, Hero menjelaskan panitia akan turun untuk melihat kondisi rumah mahasiswa baru calon penerimaan beasiswa Bidikmisi. Adapun pengumuman siapa saja penerima beasiswa Bidikmisi akan berlangsung sebelum pembayaran Uang Kuliah Tunggal.

Dari jalur SNMPTN, jumlah mahasiswa baru Unila penerima beasiswa Bidikmisi sebanyak 356 orang. Sementara dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi atau jalur reguler, jumlah penerimanya sebanyak 536 orang.

"Setiap mahasiswa akan dapat beasiswa sebesar Rp 4,2 juta per semester. Langsung transfer ke rekening mahasisiwa tersebut," tandas Hero.

Di Itera, Wakil Rektor I Itera Mitra Djamal menyebut jumlah mahasiswa baru penerima beasiswa Bidikmisi sebanyak 897 orang di semua jalur. Jumlah ini meningkat drastis dari 2018 yang hanya 122 orang.

"Penerima beasiswa Bidikmisi Itera berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah. Buktinya adalah kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)," terangnya. (Tribunlampung.co.id/Bayu Saputra)

Penulis: Bayu Saputra
Editor: yoso
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved