Tribun Bandar Lampung

Pemohon Kartu Kuning di Disnaker Bandar Lampung Melonjak Seusai Libur Lebaran

Peningkatan permintaan pembuatan kartu kuning di wilayah Bandar Lampung di awal setelah lebaran sampai hari ini memang terjadi bahkan di hari ke-4.

Pemohon Kartu Kuning di Disnaker Bandar Lampung Melonjak Seusai Libur Lebaran
Tribunlampung.co.id/Eka
warga terlihat melakukan pembuatan Kartu kuning di loket 9 berlokasi di Mal Pelayanan Publik Pemerintah Kota Bandar Lampung, Kamis (20/6/2019) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Peningkatan permintaan pembuatan kartu kuning  di wilayah Bandar Lampung di awal setelah lebaran sampai hari ini memang terjadi bahkan di hari ke-4 lebaran hingga 150%.

Pernyataan tersebut diungkapkan M. Kabul, Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kota Bandar Lampung saat dijumpai di ruang kerjanya, Kamis (20/6/2019).

"Ya memang benar terjadi lonjakan karena rata-rata kita di hari biasa hanya melayani 10-15 pembuatan, sedangkan yang kemarin sampai dengan 56 perharinya baik itu yang langsung datang ke sini maupun yang daftar online," paparnya.

Menurutnya, jumlah total pembuatan KK sampai dengan minggu kedua pasca lebaran yaitu sebanyak sekitar 530 an. "Jadi untuk yang sudah masuk sampai hari ke 10 ini perhari rata-rata sebanyak 52 pembuat," katanya.

Menurutnya, pihaknya juga membantu pencetakan KK warga dari luar kota seperti Pesawaran yang sudah mendaftar secara online.

"Ya karena sudah berlaku nasional, kita bantu cetak juga dari luar daerah seperti dari Pesawaran sudah mau berangkat ternyata mau ke Jawa di perusahaan di sana mensyaratkan harus punya KK dulu," katanya.

Lonjakan ini trendnya akan terjadi sampai akhir bulan Juni 2019 ini karena bulan Juli 2019 sudah masuk sekolah sehingga produktivitas/aktivitas pabrik dan perusahaan di Jawa mulai di awal Juli.

"Ya lonjakan pembuatan KK ini masih  sampai sekarang masih dan diprediksi akan berakhir sampai akhir Juni 2019 nanti," terangnya.

Para pencari kerja asal Bandar Lampung kalau dipetakan paling banyak didominasi di empat kecamatan yaitu Kecamatan Panjang, Telukbetung Barat,  Telukbetung Timur dan Tanjungkarang Barat.

Tujuan para pencari kerja ini rata-rata adalah menyeberang ke pulau Jawa yaitu wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi).

Halaman
12
Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved