Tribun Lampung Utara

Pemkab Lampung Utara Target Fasum Dilengkapi Ruang Laktasi di 2020

Pemerintah Kabupaten Lampung Utara akan menerapkan kebijakan adanya ruang khusus untuk ibu menyusui

Pemkab Lampung Utara Target Fasum Dilengkapi Ruang Laktasi di 2020
warta kota
Ilustrasi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG UTARA - Pemerintah Kabupaten Lampung Utara akan menerapkan kebijakan adanya ruang khusus untuk ibu menyusui di berbagai tempat fasilitas umum.

Targetnya fasum ada ruang laktasi pada tahun 2020.

"Hal ini dilakukan sebagai bentuk mendukung program Air Susu Ibu (ASI). Jadi, saya minta seperti di terminal, mal, pasar atau tempat umum lainnya, harus ada ruang khusus untuk ibu menyusui, begitu juga rumah sakit dan Puskesmas wajib ada ruang khusus untuk ibu menyusui," kata Wakil Bupati lampung Utara, Budi Utomo, Selasa 16 Juli 2019.

Kebijakan diterapkannya ruang khusus untuk ibu menyusui di fasilitas umum, agar memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kaum hawa ketika berada di tempat fasilitas umum yang hendak memberikan ASI kepada anaknya.

Mudah-mudahan di tahun 2020 mendatang sudah semua perkantoran, fasilitas umum seperti pasar, terminal sudah dilengkapi ruang menyusui.

Untuk sementara ini, ruang laktasi di gedung perkantoran baru di dinas penanaman modal dan perizinan, dinas kependudukan dan catatan sipil.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Lampung Utara dr. Maya Metissa  mengatakan ketersediaan ruang laktasi tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian bagi para ibu.

Terlebih ASI (Air Susu Ibu) ekslusif merupakan hak anak yang harus diberikan ibu meski dalam kondisi bekerja.

Penyediaan fasilitas ruang laktasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan angka pemberian ASI eksklusif pada ibu menyusui serta mengurangi jumlah bayi penderita kurang gizi dan gizi buruk di Lampung Utara.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Lampung Utara Sri Mulyana  mengatakan ruang laktasi sudah tersedia di kantornya.

Halaman
12
Penulis: anung bayuardi
Editor: wakos reza gautama
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved