Tribun Metro

Antisipasi Oplosan Sapi dan Celeng, Warga Mesti Waspada Daging Murah

Komisi II DPRD Kota Metro meminta pemerintah aktif mengecek pedagang maupun penjual olahan daging di wilayah setempat.

Antisipasi Oplosan Sapi dan Celeng, Warga Mesti Waspada Daging Murah
Tribunlampung.co.id/Dedi Sutomo
ILUSTRASI daging celeng 

Antisipasi Oplosan Sapi dan Celeng, Warga Mesti Waspada Daging Murah

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Komisi II DPRD Kota Metro meminta pemerintah aktif mengecek pedagang maupun penjual olahan daging di wilayah setempat.

"Kita ketahui ada temuan daging oplosan sapi dengan daging celeng beberapa waktu lalu. Meskipun itu dijual secara online, kita wajib untuk terus melakukan pengawasan," ujar Sekretaris Komisi II Yulianto, Rabu (31/7).

Karenanya, ia meminta, pemerintah melalui instansi terkait untuk sering melakukan sidak. Kemudian cek sampel, agar mengetahui apakah mengandung boraks, terdapat cacing, oplosan, dan lainnya sebagai jaminan keamanan.

"Jadi bukan cuma ke penjuàl daging. Tapi ke hasil olahannya juga. Misal bakso. Ini bukan cari daging oplosan saja, tapi bisa yang boraks, atau ada cacingnya. Intinya untuk kenyamanan masyarakat dalam mengonsumsi daging," paparnya.

Ia meminta, masyarakat harus sensitif jika ada harga murah jauh dari harga normal. Pun demikian, pihaknya mengimbau pedagang untuk tidak culas, menipu, dan lainnya yang dapat merugikan konsumen.

Daging Celeng Diamankan KSKP Bakauheni Diduga untuk Oplosan Bakso

Sementara Wali Kota Metro Achmad Pairin mengaku belum mengetahui kabar tersebut. Namun, ia meminta agar masyarakat Bumi Sai Wawai tidak resah. Pihaknya akan memastikan kabar tersebut dalam waktu dekat.

"Nanti akan saya tanyakan dinas terkait, saya memang belum dengar kabar itu. Kita akan cek," imbuhnya seraya menjelaskan membedakan daging sapi dan celeng tidak sulit.

Sebelumnya, Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Metro, Nasrianto Effendi menyayangkan belum adanya peringatan atau pemberitahuan dari pemerintah. Padahal, ini menyangkut kepentingan publik. Karenanya, ia meminta kasus daging oplosan segera diusut tuntas supaya bisa dipastikan masyarakat aman dan terjamin mengonsumsi daging.

Waspadai Peredaran Daging Gelonggongan Jelang Lebaran, Begini Cara Cek Daging Sehat

Halaman
12
Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved