Tribun Lampung Selatan

Desa Sidomakmur, Lampung Selatan, Kembangkan Minimarket Modern Sebagai BUMDes

Inovasi dalam pengembangan unit usaha dilakukan Desa Sidomakmur Kecamatan Way Panjir, Lampung Selatan untuk program pengembangan BUMDes.

Desa Sidomakmur, Lampung Selatan, Kembangkan Minimarket Modern Sebagai BUMDes
Tribunlampung.co.id/Dedi Sutomo
Sidomart, unit usaha BUMDes Desa Sidomakmur berbasis warung modern. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Inovasi dalam pengembangan unit usaha dilakukan desa Sidomakmur kecamatan Way Panjir, Lampung Selatan untuk program pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Direktur BUMDes Desa Sidomakmur Danang Suprayogi mengatakan, banyak desa di Lampung Selatan, memilih unit usaha yang terkait dengan pertanian, pembuatan paving blok dan penyewaan tenda untuk hajatan.

"Desa Sidomakmur memilih mengembangkan usaha minimarket dengan label Sidomart," kata Danang Suprayogi kepada Tribunlampung.co.id, Jumat (20/9/2019).

"Alasan ini menjadi pertimbangan kami saat menentukan unit usaha yang ingin dikembangkan dan dari hasil analisis usaha kami, mendirikan minimarket cukup potensial untuk bisa dikembangkan,” imbuh Danang Suprayogi.

Sidomart ini, lanjut Danang Suprayogi, tidak berbeda dengan minimarket pada umumnya.

Minimarket tersebut, terus Danang Suprayogi, menempati bangunan dengan ukuran 6 x 9 meter di samping balai desa, menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari masyarakat.

DPD PAN Lampung Selatan Buka Penjaringan Balonkada untuk Pilkada Lamsel 2020

Pemkab Lampung Selatan Tolak Aktivitas Penambangan Pasir di Gunung Anak Krakatau

Pengembagnan minimarket sebagai unit usaha dalam BUMDes, kata Danang Suprayogi, didasarkan pada fakta belum adanya minimarket untuk di desa Sidomakmur.

Minimarket ini, terus Danang Suprayogi, ada di desa Sidodadi yang berjarak sekitar 3 kilometer dan di desa Lubuk yang berjarak sekitar 5 kilometer.

Untuk pengembangan minimarket, kata Danang Suprayogi, yang mengambil nama Sidomart ini, pemerintah Desa Sidomakmur kemudian menjajaki kerja sama dengan Lotte Grosir.

Di mana untuk display, jelas Danang Suprayogi, sistem kasir serta produk sehari-hari yang dijual dipasok dari Lotte Grosir.

Halaman
12
Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved