Tribun Tanggamus

Kasus DBD di Tanggamus Naik 100 Persen Dibanding Tahun Lalu, Diskes Imbau Ini

Menurut Kabid Pencegahan Pengobatan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Taman Prasi, kasus DBD dalam tahun ini tinggi.

Kasus DBD di Tanggamus Naik 100 Persen Dibanding Tahun Lalu, Diskes Imbau Ini
shutterstock
Ilustrasi. Kasus DBD di Tanggamus Naik 100 Persen Dibanding Tahun Lalu, Diskes Imbau Ini 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Dinas Kesehatan Tanggamus mengaku sampai akhir September ada 241 kasus demam berdarah dangue (DBD), di dalamnya satu penderita meninggal.

Menurut Kabid Pencegahan Pengobatan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Taman Prasi, kasus DBD dalam tahun ini tinggi. Itu naik seratus persen dari tahun lalu yang totalnya 108 kasus.

"Sekarang ini jumlah kasus belum berhenti sebab masih akan memasuki musim hujan. Jadi masyarakat harus waspada DBD sejak sekarang," kata Prasi, mewakili Kadiskes Sukisno.

Selanjutnya dari 241 kasus, lokasi tertinggi terjadi di wilayah kewenangan Puskesmas Kota Agung sebanyak 50 kasus, lalu Puskesmas Talang Padang ada 33 kasus, dan Puskesmas Gisting 28 kasus.

Terjangkit DBD, Bocah 8 Tahun di Tanggamus Meninggal Dunia

Selanjutnya untuk kewaspadaan maka masyarakat diimbau melakukan tindakan 3M, yakni menguras tempat penampungan air, menutup penampungan air, dan mengubur barang bekas yang bisa menampung air.

"Itu untuk mencegahan adanya jentik nyamuk di tempat air bersih. Sebab dari jentik itulah maka akan ada nyamuk dewasa yang bisa menyebarkan virus dangue," kata Prasi.

Waspadai Ancaman Penyakit DBD di Musim Kemarau, Lakukan Ini untuk Pencegahan

Selain tidak menyediakan tempat untuk jentik nyamuk, hal yang bisa dilakukan lainnya adalah gunakan obat nyamuk oles atau kelambu di tempat tidur. Tujuannya agar tidak digigit nyamuk, sebab dari gigitan itulah virus dengue masuk ke tubuh.

Selain itu juga masyarakat harus menjaga kesehatan tubuh seperti makan makanan bergizi, istirahat yang cukup. Itu bertujuan supaya tubuh membuat imunitas dan bisa melawan virus yang masuk ke tubuh. (Tribunlampung.co.id/tri yulianto)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved