Tribun Lampung Barat

Dalam 3 Tahun, Total Sudah Ada 6 Ribuan UMKM di Lampung Barat

Data rekapitulasi Koperasi dan UKM dari tahun 2016 hingga 2019 di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) berjumlah 6.789 pelaku usaha.

Dalam 3 Tahun, Total Sudah Ada 6 Ribuan UMKM di Lampung Barat
tribunlampung.co.id/ade irawan
Ilustrasi - Dalam 3 Tahun, Total Sudah Ada 6 Ribuan UMKM di Lampung Barat. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LIWA - Data rekapitulasi Koperasi dan UKM dari tahun 2016 hingga 2019 di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) berjumlah 6.789 pelaku usaha.

Dari 15 Kecamatan yang ada di Lambar, jumlah UMKM pada jenis sektor jasa sebanyak 1.348, sektor perdagangan 5.127 dan sektor industri sebanyak 444 dengan total pelaku usaha koperasi berjumlah 64.

Jumlah pelaku usaha menurut klasifikasi mikro sebanyak 6.121, klasifikasi kecil 631 dan menengah sebanyak 37.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Koperindag) Lampung Barat Ahmad Hikami mengatakan, dari sejumlah UMKM yang ada, pihaknya telah melakukan pelatihan untuk UMKM dan kedepan akan dibina melalui pelatihan.

"Dan dari segi bantuan modal, yang bekerja sama dengan pihak perbankan, semisal dana bergulir (BLUD), KUR melalui Bank-bank, utamanya bank BRI," ungkapnya, Selasa (03/12/2019).

Untuk kegiatan promosi, diungkapkan Hikami, pihaknya bersama UMKM binaan telah mengikuti beberapa kegiatan baik di dalam daerah maupun di luar daerah.

Anak 6 Tahun Saksikan Ibunya Dibacok Ayahnya sampai Tewas di Lampung Barat, Diduga Akibat Selingkuh

"Awal November kita ikut berpartisipasi dalam festival kopi di provinsi Lampung, kita mengirim ukm perajin kopi bubuk waktu itu. Juga kita ajak promosi komoditi kopi berupa pameran-pameran ke luar daerah," ujar Hikami.

"Di dalam daerah sendiri, setiap ada kegiatan kita selalu berpartisipasi. Partisipasi kita selain untuk mengenalkan produk didalam daerah juga untuk dikenal diluar daerah," lanjut dia.

Pihaknya berpesan, kepada pelaku usaha muda atau pemula untuk tidak ragu dalam memulai usaha.

"Bulatkan niat, tekat dan jenis usaha yang akan di geluti. Konsisten disertai dengan komitmen, Pemda dalam hal ini Diskoperindag siap memfasilitasi, mendampingi demi suksesnya usaha," pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: Ade Irawan
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved