Tribun Bandar Lampung

Pemkot Bandar Lampung Anggarkan Rp 1,2 Miliar Beli 100 Ribu Keping Blangko e-KTP Tahun 2020

Pemkot Bandar Lampung telah menganggarkan melalui APBD sebesar Rp 1,2 miliar untuk membeli sekitar 100 ribu keping blangko e-KTP.

Pemkot Bandar Lampung Anggarkan Rp 1,2 Miliar Beli 100 Ribu Keping Blangko e-KTP Tahun 2020
Tribunlampung.co.id/Sulis
Kadisdukcapil Bandar Lampung Ahmad Zainuddin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID. BANDAR LAMPUNG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bandar Lampung kini bisa mendapatkan blangko kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) yang memadai melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Kepala Disdukcapil Bandar Lampung Ahmad Zainuddin mengatakan, ini sesuai Permendagri Nomor 99 Tahun 2019, perubahan ke lima atas Permendagri nomor 32 tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang Bersumber dari APBD.

Bahwa unit kerja pada kemendagri yang membidangi urusan pemerintahan di bidang administrasi kependudukan dapat memperoleh hibah dari pemerintah daerah (pemda) untuk penyediaan blangko e-KTP.

"Dengan adanya Permendagri Nomor 99 tahun 2019 ini, pemkot Bandar Lampung dan pemerintah kabupaten/kota lainnya diperkenankan untuk melaksanakan usulan pencetakan blangko ke pusat melalui hibah APBD," beber dia kepada Tribunlampung.co.id, Rabu (25/12/2019).

Peraturan tersebut sudah berlaku sejak 6 Desember 2019 lalu.

Tak Perlu ke Disdukcapil, Kini Perekaman e-KTP Bisa Dilakukan di Kecamatan

Mekanisme sebelumnya yang selama ini berjalan, sambung dia, dimana kewenangan mencetak blangko sama di pemerintah pusat melalui dirjen Disdukcapil namun sumber anggarannya dari APBN.

"Tapi kini bisa pakai dana hibah APBD sehingga kita bisa membeli blangko KTP-el yang memadai untuk kebutuhan Bandar Lampung," urainya.

Pemkot Bandar Lampung menempuh cara tersebut menurutnya tak lain karena blangko e-KTP yang diberikan oleh pusat melalui APBN selama ini jumlahnya dinilai masih kurang dan belum mampu mengkover kebutuhan masyarakat.

Sementara banyak data terekam yang harus dicetak.

Tahun 2020, terusnya, Pemkot Bandar Lampung telah menganggarkan melalui APBD sebesar Rp 1,2 miliar untuk membeli sekitar 100 ribu keping blangko e-KTP.

Halaman
123
Penulis: sulis setia markhamah
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved