BW Sebut Independensi KPK Diporak-porandakan Komisioner KPK,  Nawawi : Saya Malas Berbalas Pantun

Sebab, menurut Nawawi, berdasarkan Pasal 6e UU KPK yang baru, pimpinan KPK diamanati tugas penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak

BW Sebut Independensi KPK Diporak-porandakan Komisioner KPK,  Nawawi : Saya Malas Berbalas Pantun
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
BW Sebut Independensi KPK Diporak-porandakan Komisioner KPK,  Nawawi : Sebenarnya Saya Malas Berbalas Pantun 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Mantan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto (BW)  memberikan kritik keras kepada lembaga yang pernah dipimpinnya. 

BW menilai rencana pimpinan KPK ikut serta mempertimbangkan pemanggilan saksi bersama penyidik, sebagai bentuk intervensi dalam proses penyidikan yang juga akan meruntuhkan independensi KPK.

"Perlahan tapi pasti independensi KPK tengah diporak-porandakan dan diruntuhkan sendiri oleh Komisioner KPK. Pimpinan KPK punya potensi akan merecoki proses penyidikan karena mengontrol dengan melibatkan diri pada hal yang sangat teknis di tahapan proses penyidikan," kata BW dalam keterangan tertulis. 

Kritik keras BW ditanggapi Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Nawawi Pomolango. 

Nawawi menegaskan, hal yang akan dilakukan pimpinan KPK bukanlah bentuk intervensi terhadap penyidikan melainkan sudah termasuk dalam tugas pokok pimpinan KPK.

"Sebenarnya saya malas membuang energi daya pikir dengan berbalas pantun untuk hal-hal yang tidak perlu.

Komentar Pedas BW untuk Ketua KPK Firli Bahuri: Jangan Sampai KPK Dipecundangi Satpam

KPK Akan Periksa Ketua KPU Arief Budiman Terkait Kasus Suap Harun Masiku

Alasan Karier, Kejagung Tarik 2 Jaksa dari KPK, Salah Satunya Pernah Periksa Firli Bahuri

 

Tudingan intervensi atau campur tangan itulah yang sebenarnya konyol, karena bagi yang paham, tidak mungkin ada intervensi terhadap tugas pokoknya sendiri," kata Nawawi kepada wartawan, Kamis (30/1/2020).

Bambang Widjojanto sebelumnya mengkritik pimpinan KPK karena ingin ikut mempertimbangkan saksi-saksi yang akan diperiksa penyidik.

Nawawi membantah salah satu poin kritik BW yang menyebut pimpinan KPK tidak lagi ditempatkan sebagai penyidik sehingga tidak boleh campur tangan dalam pemanggilan saksi-saksi.

Halaman
12
Editor: Romi Rinando
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved