PSMTI Bandar Lampung Kenalkan Budaya Tionghoa, Buka Stan di Cap Go Meh Citraland

Di sini masyarakat bisa melihat budaya Tionghoa seperti Ciamsi ramalan, tulis marga, dan stan makanan asli Tionghoa.

Tribunlampung.co.id/Joviter Muhammad
Panitia PSMTI Bandar Lampung menggelar stan budaya etnis Tionghoa pada perayaan Cap Go Meh di Perumahan Citraland, Minggu (9/2/2020). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Untuk memperkenalkan budaya masyarakat etnis Tionghoa, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Bandar Lampung membuka sejumlah stan pada puncak perayaan Cap Go Meh di Perumahan Citraland, Bandar Lampung, Minggu (9/2/2020).

Cap Go Meh merupakan hari terakhir atau hari ke-15 perayaan Imlek bagi warga keturunan etnis Tionghoa di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Panitia penyelenggara Linda mengatakan, ini merupakan kali kedua PSMTI berpartisipasi merayakan Cap Go Meh bersama perusahaan pengembang Citraland.

"Acara ini sifatnya untuk mengenalkan budaya Tionghoa. Jadi terbuka untuk umum. Semua warga dari berbagai suku maupun agama bisa ikut bersama hadir di sini," ujar Linda.

Perayaan Cap Go Meh, XL Antisipasi Lonjakan Trafik

Rusli Taslim Kembali Pimpin PSMTI Bandar Lampung

Oleh karena itu, perayaan yang digelar pada 8-9 Februari ini dihadiri tak hanya dari etnis Tionghoa, melainkan masyarakat umum lainnya.

"Yang bersifat keagamaan tetap dilaksanakan di kelenteng," jelasnya.

Ia menambahkan, Indonesia mempunyai beraneka ragam kebudayaan.

Di sini masyarakat bisa melihat budaya Tionghoa seperti Ciamsi ramalan, tulis marga, dan stan makanan asli Tionghoa.

"Malamnya ditutup penampilan barongsai dan pelepasan seribu lampion, sambil mengucapkan make a wish (harapan) semoga di tahun ini kita semua terbebas dari bencana dan marabahaya," terangnya.

Panitia penyelenggara PSMTI Lampung Akam menambahkan, selama dua hari gelaran diramaikan sejumlah acara pendukung lainnya.

Sederet lomba dengan hadiah jutaan rupiah seperti lomba fashion, lomba vokal mandarin, lomba mewarnai dan oriental dance, serta masak bersama chef Rudi Choirudin.

"Acara ini juga diramaikan oleh artis penyanyi Delon. Puncaknya nanti malam kita lepas ribuan lampion ke udara," pungkasnya. (Tribunlampung.co.id/Joviter Muhammad)

Penulis: joeviter muhammad
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved