Breaking News:

Kasus Corona di Lampung

KKP Panjang Lakukan Simulasi Penanganan Pasien Virus Corona di Kapal Berpenumpang

KKP Panjang menggelar simulasi penanganan adanya penumpang terduga terpapar virus corona di pelabuhan dan di atas kapal feri.

Tribunlampung.co.id/Dedi Sutomo
KKP kelas II Panjang lakukan langkah simulasi penanganan penumpang kapal feri terduga terpapar Covid-19 di dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (28/3/2020). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas II Panjang menggelar simulasi penanganan adanya penumpang terduga terpapar virus corona atau Covid-19 (PDP/Pasien Dalam Pengawasan) di pelabuhan dan di atas kapal feri lintasan penyebarangan Bakauheni–Merak.

Simulasi tersebut dilakukan di dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni pada Sabtu (28/3/2020).

Simulasi tersebut melibatkan KMP Jatra III yang sandar di dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni dari Pelabuhan Merak, Banten.

Kepala Kantor KKP kelas II Panjang, R Marjunet mengatakan, kegiatan simulasi tersebut dilakukan dengan kondisi mendekati riil (nyata ada kejadian).

Pemkab Lampung Timur Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Islamic Center dan RSUD Sukadana

Pasien Positif Corona yang Meninggal Jadi 102 Orang

Penumpang Akan Diperiksa di Bilik Sterilisasi Corona Pelabuhan Bakauheni

Karena itu, R Marjunet meminta kepada PT ASDP untuk kegiatan simulasi melibatkan kapal berpenumpang dari Pelabuhan Merak.

“Simulasi ini kita lakukan mengikuti kondisi riil. Karenanya kita minta kepada pihak PT ASDP melibatkan kapal yang berpenumpang, dan untuk simulasi ini melibatkan kapal KMP Jatra III,” ujar R Marjunet, Sabtu (28/3/2020).

Pada kegiatan simulasi tersebut, lanjut R Marjunet, dilakukan seluruh protap penanganan.

Mulai dari saat kapal berlayar dari Pelabuhan Merak, kapten kapal dan kru harus melakukan pemeriksaan suhu tubuh seluruh penumpang.

Jika didapati adanya penumpang yang memiliki suhu tubuh tinggi dan gejala klinis mengarah pada Covid-19, kata R Marjunet, maka pihak kapal melakukan isolasi sementara kepada penumpang yang terindikasi pada ruangan khusus yang terpisah dengan penumpang lainnya.

Kemudian, terus R Marjunet, pihak kapal juga melakukan langkah memisahkan para penumpang.

Halaman
123
Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved