Tribun Bandar Lampung

Dapat Asimilasi, 131 Napi Rutan Way Huwi Hirup Udara Bebas

Sebanyak 131 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Bandar Lampung resmi mendapatkan asimilasi. Alhasil, mereka bisa menghirup udara segar.

Dok Rutan Kelas I Bandar Lampung
Warga binaan Rutan Kelas I Bandar Lampung yang dibebaskan melalui program asimilasi diberi pengarahan oleh Karutan, Jumat (3/4/2020). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Sebanyak 131 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Bandar Lampung resmi mendapatkan asimilasi.

Alhasil, mereka bisa menghirup udara segar dan membaur dengan masyarakat.

Asimilasi para narapidana Rutan Way Huwi dilakukan secara bertahap, yakni 1-7 April 2020.

Hal itu berdasarkan Surat Edaran Nomor PAS-497.PK.01.04.04 tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Dapat Berkah dari Corona, 39 Napi Lapas Kalianda Dibebaskan

Berkah di Balik Corona, 2.416 Narapidana di Lampung Dibebaskan

Lampung Barat Terapkan Local Lockdown, Bupati Parosil Mabsus Ingin Tiru Vietnam

Perkara Korupsi Land Clearing Bandara Radin Inten II Seret Terdakwa Baru

Kasubsi Registrasi dan Perawatan Rutan Kelas I Bandar Lampung Boy Naldo Gultom mengatakan, pihaknya hari ini telah membebaskan 70 warga binaan.

"Untuk hari ini total asimilasi ada 70 orang. Dengan rincian sudah ada SK asimilasi dan sedang menjalani subsider sebanyak 21 orang. Sedangkan sudah ada SK asimilasi tanpa subsider sebanyak 49 orang," terang Gultom mewakili Kepala Rutan Kelas I Bandar Lampung Rony Kurnia, Jumat (3/4/2020).

Pada 1 April 2020 lalu pihaknya telah membebaskan 9 warga binaan.

"Kalau kemarin tanggal 2 April ada 50 warga binaan. Dengan rincian 24 warga binaan sudah ada SK PB/CB dan sedang menjalani subsider, lalu 26 warga binaan sudah ada SK PB/CB tanpa subsider," tuturnya.

"Rencananya, yang akan diasimilasikan ada 249 orang. Dari tanggal 1 hingga sekarang ada 131 warga binaan yang sudah memenuhi syarat dalam peraturan dan keputusan Menkumham," sebutnya.

Gultom menambahkan, sebelum dibebaskan, puluhan warga binaan tersebut diberi pengarahan dan imbauan oleh Karutan.

Halaman
12
Penulis: hanif mustafa
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved