BPK Sebut Uang Negara Rp 2,9 Miliar Masuk ke Rekening Staf Bawaslu Lampung

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan ada uang negara di rekening pribadi pegawai Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung.

Grafis/Dodi
Ilustrasi - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan ada uang negara di rekening pribadi pegawai Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung. Uang negara tersebut merupakan pengembalian sisa belanja langsung dan tambahan uang persediaan (TUP) di Bawaslu kabupaten dan kota di Provinsi Lampung. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan ada uang negara di rekening pribadi pegawai Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung.

Uang negara tersebut merupakan pengembalian sisa belanja langsung dan tambahan uang persediaan (TUP) di Bawaslu kabupaten dan kota di Provinsi Lampung.

"Jumlahnya sebesar Rp 2,93 miliar. Tidak disetorkan ke rekening Bawaslu provinsi, melainkan disetorkan ke rekening pribadi," jelas Ketua BPK Agung Firman Sampurna dalam telekonferensi, Selasa (21/7/2020).

Agung mengatakan, pemeriksaan atas bukti setor belanja di 15 kabupaten dan kota di Provinsi Lampung terdapat penyetoran sisa belanja langsung dan TUP ke rekening atas nama FR.

FR, lanjutnya, mengaku rekening pribadinya tersebut hanya untuk menampung sementara uang dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

TONTON JUGA:

"Saudara FR ini staf pada Subbag SDM Bawaslu Provinsi Lampung. Permintaan keterangan kepada Saudara FR menyatakan bahwa rekeningnya dipinjam oleh bendahara untuk menampung sementara pengambilan dana sisa belanja dari Bawaslu kabupaten dan kota," kata Agung.

Hasilnya, pemeriksaan membuktikan bahwa benar uang itu hanya sebagai penampungan sementara karena setelah masuk rekening, lalu ditarik tidak lebih dari 12 hari.

"Tidak ada kerugian negara. Namun, ada risiko karena masuk rekening pribadi," katanya.

Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah saat dikonfirmasi hal tersebut mengaku tidak mengetahuinya.

Bawaslu Kota Metro Buka Pengaduan Masyarakat, Mulai dari Netralitas ASN hingga Politik Uang

Pilkada Metro 2020, Bawaslu Ingatkan ASN untuk Netral dan Bijak Gunakan Medsos

2 Jenderal Polisi Diproses Pelanggaran Kode Etik Buntut Red Notice Djoko Tjandra

Kue Klepon Disebut Tidak Islami Trending di Twitter, Gus Faruk Beri Penjelasan

“Kami tidak tahu-menahu hal di atas sampai ada berita itu,” kata Khoir, Selasa malam.

Meski begitu, penemuan penggunaan rekening pribadi ini bukan hanya terjadi di Lampung.

Berdasarkan temuan BPK, terdapat lima kementerian dan lembaga menyimpan uang negara di rekening pribadi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved