Breaking News:

Rumah Sakit Imanuel Lampung

Dokter Talisa dan Dokter Marchella Ungkap 8 Mitos Kesehatan Gigi dan Mulut

Kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Namun, masih banyak mitos seputar kesehatan gigi dan mulut yang berkembang di masyarakat

ist
Kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Namun, masih banyak mitos seputar kesehatan gigi dan mulut yang berkembang di masyarakat dan sayangnya banyak orang yang mempercayai hal tersebut sehingga menyebabkan kesalahpahaman dalam kehidupan sehari-hari. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BADNAR LAMPUNG - Kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Namun, masih banyak mitos seputar kesehatan gigi dan mulut yang berkembang di masyarakat dan sayangnya banyak orang yang mempercayai hal tersebut sehingga menyebabkan kesalahpahaman dalam kehidupan sehari-hari.

Kebanyakan orang mempercayai mitos dengan alasan informasi tersebut telah didapat secara turun temurun dari orang tua ataupun karena banyak orang yang mempercayai sehingga menjadi ikut percaya tanpa pernah mencari tahu atau menanyakan kebenaran informasi pada dokter gigi.

Berikut adalah sesi tanya jawab bersama narasumber drg. Marchella Hendrayanti Widjaja dan drg. Talisa Claudiary Sinatra mengenai beberapa mitos yang beredar seputar kesehatan ggi dan mulut.

1.       Ibu hamil tidak boleh ke dokter gigi

Fakta : Ibu hamil tidak perlu kuatir untuk berkonsultasi ke dokter gigi saat memiliki keluhan di gigi.

Walaupun tindakan gigi selama masa kehamilan memiliki risiko tertentu, terutama pada usia kehamilan trimester pertama dan ketiga, mengingat pada trimester pertama janin masih dalam proses pembentukan organ sehingga sangat rentan dipengaruhi oleh obat-obatan yang digunakan selama tindakan, sedangkan pada trimester ketiga dianggap berisiko karena sudah mendekati masa persalinan.

Karena dokter gigi pasti akan menilai kondisi anda terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan dan berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk memastikan bahwa ibu hamil dalam kondisi yang aman untuk dilakukan perawatan gigi. (drg. Talisa)

 2.       Jika mengalami sakit gigi, harus dilakukan pencabutan gigi

Fakta : Tidak semua kondisi sakit gigi memerlukan pencabutan gigi.

Perlu dipahami bahwa ada macam-macam kondisi yang menyebabkan sakit gigi dan memiliki cara perawatannya masing-masing. Misalnya, saat seseorang memiliki gigi yang berlubang dan sering ngilu jika kemasukan makanan atau makan/minum dingin.

Halaman
1234
Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved