Breaking News:

Tribun Lampung Tengah

Tahap II Penyaluran Kuota Internet Gratis untuk Siswa dan Guru di Lampung Tengah Akhir Oktober 2020

Untuk penyaluran kuota internet gratis belajar tahap kedua di Lampung Tengah, akan segera terealisasi dan dirampungkan di akhir Oktober 2020.

WARTA KOTA/NUR ICHSAN
Ilustrasi - Warung kopi Rizki di Jalan Jombang Raya, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, memberikan layanan wifi gratis untuk para pelajar yang belajar daring, Rabu (29/7/2020). Tahap II Penyaluran Kuota Internet Gratis untuk Siswa dan Guru di Lampung Tengah Akhir Oktober 2020. (WARTA KOTA/NUR ICHSAN) 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Syamsir Alam

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG TENGAH - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Tengah pastikan penyaluran paket kuota internet gratis belajar daring untuk siswa dan guru sudah tersalurkan sekitar 80 persen.

Untuk penyaluran kuota internet gratis belajar tahap kedua di Lampung Tengah, akan segera terealisasi dan dirampungkan di akhir Oktober 2020.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabiddikdas) Nur Rohman mengatakan, untuk siswa dan guru penerima kuota internet gratis belajar daring tahap kedua sudah dimasukkan dalam data pokok pendidikan (Dapodik).

"Tahap pertama (siswa dan guru penerima kuota) sudah tersalurkan semuanya (di September), dan tahap kedua datanya sudah kami masukkan ke Dapodik, dan distribusinya akan terealisasi bulan ini (Oktober)," ujar Nur Rohman, Minggu (11/10/2020).

Sistem penerimaan dan penyaluran kuota internet gratis bagi siswa dan guru, lanjut Nur Rohman, berdasarkan data Dapodik oleh sekolah, dan ada pertanggungjawaban mutlak terkait hal itu.

Disdikbud Lampung Sebut 107.727 Siswa SMK Sudah Terima Kuota Internet Gratis

Pecah Rekor, Kasus Positif Covid-19 di Lampung Tambah 58 Dalam Sehari, Lampung Tengah Terbanyak

"Jadi pihak sekolah segera memperbaharui data nomor ponsel siswa dan guru. Untuk jumlahnya itu satuan pendidikan bukan dari saya (Dikdas)," terang Nur Rohman.

Saat disinggung, bagi siswa yang tidak memiliki ponsel pintar berbasis Android, Nur Rohman menjelaskan, maka kuota internet gratis akan dimasukkan ke nomor rekannya.

"Siswa yang tidak punya (ponsel) Android itu bisa tunjuk ke salah satu temannya, nanti kuota akan ditransfer juga ke nomor tersebut untuk mereka belajar bersama."

"Sejauh ini tidak ada laporan kendala dari proses tersebut (penerimaan kuota internet gratis bagi siswa dan guru)," papar Nur Rohman.

Untuk diketahui, per Agustus 2020, jumlah sekolah dasar (SD) di Lampung Tengah total sebanyak 738 sekolah, terdiri dari 683 SD negeri dan 55 SD swasta.

Sementara jumlah siswa SD total 127.432, terdiri atas 118.206 siswa SD negeri dan 9.231 SD swasta.

Untuk sekolah menengah pertama (SMP) negeri berjumlah 81 sekolah sedangkan SMP swasta 121 sekolah, dengan jumlah total siswa sebanyak 46.211 orang.

(Tribunlampung.co.id/Syamsir Alam)

Penulis: syamsiralam
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved