Breaking News:

Tribun Tanggamus

Sarjana Perawat Asal Tanggamus Suplai Kopi ke Kedai di Bandar Lampung, Palembang dan Bandung

Kukuh, warga Tanggamus, rutin kirimkan produk kopi bubuk dan kopi roasting (sangrai) ke Palembang, Bandung dan Bandar Lampung per bulan satu ton.

Tribunlampung.co.id/Tri Yulianto
Sarjana Perawat Asal Tanggamus Suplai Kopi ke Kedai di Bandar Lampung, Palembang dan Bandung. (Tribunlampung.co.id/Tri Yulianto) 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Kukuh, warga Pekon Karang Rejo, Kecamatan Ulu Belu, Tanggamus, rutin kirimkan produk kopi bubuk dan kopi roasting (sangrai) ke Palembang, Bandung dan Bandar Lampung per bulan satu ton.

Padahal latar belakang pendidikannya jauh dari bidang perkebunan atau ekonomi.

Pemuda ini adalah lulusan Sarjana Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Namun itulah proses dirinya yang kini mendirikan UMKM dan produksi bubuk kopi serta kopi roasting dengan merek Beloe Kopi.

"Dulunya waktu kuliah 2014, saya bersama mahasiswa lainnya dari Lampung membuat usaha pusat oleh-oleh khas Lampung, termasuk di dalamnya menjual produk kopi," ujar Kukuh, Minggu (18/10/2020).

Baca juga: Buncis Langka di Pasar Talang Padang, Tanggamus, Dua Pekan Terakhir

Baca juga: Dapur Rumah Warga Tanggamus Ludes Terbakar karena Buka Tutup Gas Elpiji 3 Kg Dekat Tungku

Dari sana, selanjutnya tercetus turut membuat produk yang bisa dijadikan oleh-oleh pula. Hingga memutuskan untuk pilih produk kopi. Sebab kampung halamannya adalah daerah sentra buah kopi, yakni Ulu Belu.

Itu juga yang membuat kemenangan bagi dirinya. Sebab punya kebebasan memilih buah kopi yang akan dijadikan bahan baku, serta mengerti segala hal dari budidaya tanaman kopi serta proses produksi kopi siap sedu.

"Saya pulang ke Lampung tahun 2016, sambil belajar sekaligus langsung buat usaha produksi kopi. Saya bandingkan dengan produk-produk kopi dari tempat lain," ujar Kukuh.

Pengetahuannya tentang kopi pun ditambahnya dengan belajar dari grader kopi. Tujuan menciptakan produk kopi yang unggul dan itu pun berhasil.

Halaman
12
Penulis: Tri Yulianto
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved