Breaking News:

Tribun Metro

PDIP DPRD Metro Dukung TPAS Karangrejo Dikelola secara Modern

Fraksi PDIP DPRD Metro mendukung peningkatan TPAS Karangrejo untuk pengelolaan sampah yang modern dan bisa dijadikan solusi untuk menjaga kelestarian

Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak
Kondisi TPAS Karangrejo, Metro. Fraksi PDIP DPRD Metro mendukung peningkatan TPAS Karangrejo untuk pengelolaan sampah yang modern dan bisa dijadikan solusi untuk menjaga kelestarian lingkungan. 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Indra Simanjuntak

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Fraksi PDIP DPRD Metro mendukung peningkatan TPAS Karangrejo untuk pengelolaan sampah yang modern dan bisa dijadikan solusi untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Ketua Fraksi PDIP Basuki mengatakan, usulan penambahan lahan harus dibarengi dengan sistem pengolahan sampah yang lebih baik dan ramah lingkungan, serta bisa memberi efek peningkatan ekonomi.

Dijelaskannya, sudah ada kebijakan Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

"Tujuannya untuk pengurangan sampah sampai 30 persen dan melakukan pengelolaan 70 persen sampah pada 2025. Kebijakan ini kan jadi pedoman bagi pemerintah daerah merumuskan turunannya untuk masing-masing provinsi dan/atau kabupaten/kota," bebernya, Senin (19/10/2020).

Ia menambahkan, Metro bisa mencontoh Surabaya yang membangun 28 tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) dengan fasilitas pengolahan sampah dalam rangka memangkas ongkos pembuangan sampah ke TPA.

Dimana sampah yang pada akhirnya terkumpul di TPA dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Baca juga: DLH Kota Metro Ajukan Ulang Proposal Penambahan TPAS Karangrejo ke Kementerian dan DPR

Baca juga: Sulap Lumpur Tinja Jadi Kompos, IPLT TPA Bakung Telan Dana Rp 3 Miliar

Basuki menambahkan, Metro juga bisa mencontoh penerapan metode pengeringan biologis atau Refuse-derived Fuel (RDF).

"Sampah ini kan selalu berhubungan dengan masalah sosial dan lingkungan. Tapi kita sering lupa, kalau kita belum bisa mengelola sampah menjadi salah satu sumber ekonomi. Nah, bagaimana ke depan sampah ini bisa dikelola dengan benar, bermanfaat ekonomi tapi juga ramah lingkungan," tuntasnya. (Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: Daniel Tri Hardanto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved