Breaking News:

Rumah Sakit Imanuel Bandar Lampung

Dokter Jenny Maria Carolina Jelaskan Gangguan Tidur Insomnia

Tidur adalah bagian dari rutinitas harian kita. Coba bayangkan keseharian kita tanpa tidur. Bisa? Sulit atau tidak bisa. Kenapa? Karena tidur sangat p

Penulis: Advertorial Tribun Lampung | Editor: Advertorial Tribun Lampung
ist
Tidur adalah bagian dari rutinitas harian kita. Coba bayangkan keseharian kita tanpa tidur. Bisa? Sulit atau tidak bisa. Kenapa? Karena tidur sangat penting buat kita. Dengan cukup tidur, kita akan merasa sehat, suasana hati kita nyaman, konsentrasi terasa baik, dan tidur juga dapat meningkatkan sistem imun. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, - Tidur adalah bagian dari rutinitas harian kita. Coba bayangkan keseharian kita tanpa tidur. Bisa? Sulit atau tidak bisa. Kenapa? Karena tidur sangat penting buat kita. Dengan cukup tidur,  kita akan merasa sehat, suasana hati kita nyaman, konsentrasi terasa baik, dan tidur juga dapat meningkatkan sistem imun.

Pada dasarnya, tidur merupakan kondisi istirahat mental dan fisik alami periodik yang ditandai dengan:

1.      Menurunnya kesadaran

2.      Menurunnya aktivitas motorik/gerak tubuh

3.      Menurunnya respon terhadap stimulus

4.      Ada posisi tubuh yang khas, dan

5.      Mudah dibangunkan

 Tidur termasuk 3 pilar dasar kesehatan, yaitu : Sleep, diet, dan exercise, yang bila ketiganya dilakukan dengan baik maka bisa dikatakan kita cukup sehat.

Terdapat perbedaan lama waktu tidur dengan perbedaan usia : Bayi usia kurang dari 1 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 14-17 jam, sedangkan bayi berusia 1 tahun membutuhkan waktu tidur selama 11-14 jam.

Anak usia sekolah membutuhkan waktu tidur selama 9-11 jam sedangkan remaja selama 8-10 jam. Pada orang dewasa, waktu tidur yang dibutuhkan yaitu selama 7-9 jam.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved