Breaking News:

Pilkada Bandar Lampung 2020

KPU Bandar Lampung Koordinasi ke Disdukcapil Terkait Nasib 15 Ribu Lebih Pemilih Belum Miliki e-KTP

Ika menerangkan, pihaknya menyerahkan berkas atau data pemilih sebanyak 15.520 yang masuk di DPT namun belum memiliki e-KTP.

Dokumentasi KPU Bandar Lampung
Ika Kartika dan A Zainuddin. KPU Bandar Lampung Koordinasi ke Disdukcapil Terkait Nasib 15 Ribu Lebih Pemilih Belum Miliki e-KTP 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Kiki Adipratama

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BAMDARLAMPUNG - KPU Bandar Lampung terus berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat terkait nasib daftar pemiih tetap (DPT) yang belum memiliki e-KTP.

Komisioner KPU Kota Bandar Lampung Divisi Data dan Informasi Ika Kartika mengaku sesuai dengan regulasi, pemilih yang akan menyalurkan hak suaranya harus memiliki formulir C6 atau surat pemberitahuan pemilih dan diharuskan membawa e-KTP saat ke TPS.

Namun apabila tidak memiliki formulir C6 bisa dengan menunjukkan e-KTP saja.

“Berdasarkan PKPU, selain membawa C6 harus membawa e-KTP. Nah di DPT kita masih ada 15 ribu lebih pemilih yang belum memiliki e-KTP,” kata Ika Kartika usai berkoordinasi dengan  Disdukcapil Kota Bandar Lampung, Kamis (12/11/2020).

Ika menerangkan, pihaknya menyerahkan berkas atau data pemilih sebanyak 15.520 yang masuk di DPT namun belum memiliki e-KTP.

“Data ini lengkap dan jelas sesuai dengan kelurahannya dan TPS,” ujar Ika Kartika.

Ika menambahkan, KPU Kota Bandar Lampung pun tak henti-hentinya mengimbau kepada pemilih, terutama yang masuk ke dalam 15.520 pemilih yang belum memiliki e-KTP tersebut untuk melakukan perekaman untuk mendapatkan e-KTP.

“Kami pun dari KPU bersama jajaran dibawah seperti PPK, PPS, dan KPPS menyarankan agar pemilih tersebut segera melakukan perekaman agar nanti mendapatkan e-KTP,” kata  Ika Kartika.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung A Zainuddin menyambut baik terkait hal ini.

Pihaknya mengaku akan maksimal melayani warga yang akan melakukan perekaman dan pencetakan e-KTP ini.

“Kami menyambut baik, dan kami akan melakukan perekaman di kantor Disdukcapil maupun di sejumlah kantor kecamatan, termasuk perekaman di Lapas beberapa waktu lalu sudah kami lakukan,” ungkap A Zainudin.

Diketahui, jumlah DPT KPU Kota Bandar Lampung sebanyak 647.278 pemilih yang terdiri 324.429 pemilih laki-laki dan 322.849 pemilih perempuan dengan jumlah TPS sebanyak 1.700 dari 126 kelurahan. (Tribunlampung.co.id/Kiki Adipratama)

Penulis: kiki adipratama
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved