Breaking News:

Gempa Bumi di Pantai Barat Sumatra

Terjadi Gempa Bumi, Kepala BPBD Lampung Barat Sebut Belum Ada Laporan Kerusakan

Kepala BPBD Lampung Barat Maidar menyampaikan, belum ada laporan kerusakan dari masyarakat dampak dari gempa bumi di Pantai Barat Sumatra.

Penulis: Nanda Yustizar Ramdani
Editor: Noval Andriansyah
Tribunlampung.co.id/Nanda Tizar
Ilustrasi Kepala BPBD Lampung Barat saat ditemui di gudang logistik BPBD Lampung Barat, Jumat (15/1/2021). Maidar menyampaikan, belum ada laporan kerusakan dari masyarakat dampak dari gempa bumi di Pantai Barat Sumatra. 

Laporan Reporter Tribunlampung.co.id Nanda Yustizar Ramdani

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG BARAT - Kepala BPBD Lampung Barat Maidar menyampaikan, belum ada laporan kerusakan dari masyarakat dampak dari gempa bumi di Samudera Hindia Pantai Barat Sumatra.

Terjadi gempa bumi tektonik 5,4 magnitudo yang mengguncang wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatra, Sabtu (16/1/2021) pukul 16:26:43 WIB.

"Sampai saat ini belum ada laporan masyarakat terkait dampak dari gempa bumi," kata Maidar via pesan WhatsApp kepada Tribunlampung.co.id, Sabtu (16/1/2021) malam.

Maidar juga menegaskan, gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.
"Menurut BMKG tidak berpotensi tsunami," terang Maidar.
Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya di Lampung Barat dan Pesisir Barat, untuk selalu siap siaga ketika ada bencana.
"Kami mengimbau, selalu siap siaga kalau ada bencana, tidak panik," imbau Maidar.
BPBD Lampung Barat, terus Maidar, selalu siap siaga dalam menghadapi bencama
"Kami dari BPBD juga selalu siaga, peralatannya, sumber daya manusianya, dan beberapa waktu lalu kita juga sudah memasang denah-denah jalur evakuasi (jika ada gempa bumi atau tanah longsor)," jelas Maidar.
Maidar berharap, masyarakat selalu aman khususnya di wilayah Pesisir Barat dan Lampung Barat. 
"Ya mudah-mudahan kita tidak terjadi sesuatu," harap Maidar.
Di lain sisi, Operator Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Lampung Barat Azrim memastikan, setiap informasi bencana langsung disebarluaskan ke masyarakat.
"Langsung kami sebarkan ke kecamatan, satgas satgas pekon, agar mereka juga menyebarluaskan ke masyarakat."
"Apalagi daerah pesisir, dikhawatirkan akan terjadi tsunami," ungkap Azrim saat ditemui di kantornya, Sabtu (16/1/2021) malam.

Tak Potensi Tsunami

Peristiwa gempa bumi yang terjadi di Samudera Hindia Pantai Barat Sumatra sekira pukul 16:26:43 WIB, Sabtu (16/1/2021), tidak berpotensi tsunami.

Hal tersebut disampaikan Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ungkap Rudy Haryanto dalam pesan WhatsApp, Sabtu malam. 

Rudy mengimbau, agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak jelas sumbernya.

Rudy pun menjelaskan, berdasarkan hasil analisis BMKG, menunjukkan gempa bumi memiliki parameter update dengan magnitudo M=5,3. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved