Breaking News:

HPN 2021

HPN 2021, Insan Pers Kota Metro Sambangi Jurnalis yang Pernah Liput Tragedi Talangsari

Setiap 9 Februari insan media di Indonesia memeringati Hari Pers Nasional. Tak terkecuali di Metro, Kota kedua di Provinsi Lampung.

Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak
HPN 2021, Insan Pers Kota Metro Sambangi Jurnalis yang Pernah Liput Tragedi Talangsari. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Setiap 9 Februari insan media di Indonesia memeringati Hari Pers Nasional. Tak terkecuali di Metro, Kota kedua di Provinsi Lampung yang berpenduduk 160,729 jiwa (sensus BPS 2016).

Di tengah pandemi, awak pers yang tergabung dalam wadah PWI Kota Metro secara khusus mendatangi Sudirman, mantan wartawan salah satu surat kabar di Lampung yang lebih dari 30 tahun mengabdikan dirinya sebagai kuli tinta.

Bang Dirman, sapaan akrab Sudirman saat ini terbaring lemah akibat sakit komplikasi jantung dan hipertensi yang menyerangnya dalam beberapa tahun terakhir. 

Pria yang lahir 17 Agustus 1952 ini terjun ke dunia jurnalistik sejak tahun 1980. Ia juga aktif mengikuti sejumlah organisasi dan sempat menahkodai PWI Kota Metro.

Yulina, istri Bang Dirman menceritakan, salah satu momen yang tak pernah dilupakannya terjadi pada tahun 1989. Kala itu, suaminya meliput sebuah peristiwa di Talangsari Lampung Timur. 

"Hilang dari rumah. Dan bukan satu dua hari. Tapi berhari-hari. Karena Lampung geger dengan berita tragedi Talangsari yang diterbitkan di surat kabar tempat beliau bekerja. Orang-orang baju loreng bolak-balik ke rumah cari dia. Anak-anak masih kecil," tuturnya.

Ibu lima anak ini menilai, kondisi pers saat ini sudah jauh berbeda. Dimana lebih terbuka dan cepat. Karenanya ia berpesan, insan media di Bumi Sai Wawai semakin maju dalam menyuguhkan tulisan atau berita, dengan selalu mengedepankan kode etik jurnalistik.

"Terima kasih atas kunjungan awak media dan juga cindera mata siluet wajah bapak. Selamat Hari Pers," ucapnya saat peniupan lilin kue perayaan HPN di hadapan Bang Dirman, Selasa (9/2/2021).

Sementara Dewan Penasihat PWI Kota Metro Darmanto mengenang, sosok Bang Dirman dikenal sebagai pekerja keras dan humoris.

Serta konsisten dan fokus dalam memilih nara sumber sebagai pijakan dasar wartawan dalam membuat berita.

"Tahun 1980 beliau ini sebagai biro pertama di salah satu surat kabar harian di Lampung. Kalau dulu wartawan itu bisa dihitung pakai jari. Nah, beliau inilah salah satunya," tukasnya saat mengunjungi kediaman Bang Dirman yang berada di wilayah Imopuro.

Ia juga berpesan, agar seluruh insan media selalu berpegang teguh pada UU Nomor 40 Tahun 1999 dan menjaga kesehatan saat bertugas di tengah-tengah pandemi Covid-19.

( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak )

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: Noval Andriansyah
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved