Breaking News:

Apa Itu

Apa Itu Tumpang Sari

Simak penjelasan apa itu tumpang sari. Tumpang sari adalah menanam lebih dari satu jenis tanaman di satu lahan tanah

Kompas.com
apa itu tumpang sari 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Simak penjelasan apa itu tumpang sari berikut.

Tumpang sari adalah menanam lebih dari satu jenis tanaman di satu lahan tanah. Di sini, bisa memilih jenis tanaman lain yang sekiranya bisa membantu cabai mengatasi hama.

Dalam metode ini, bisa memilih tanaman penyerta yang memiliki manfaat bagi tanaman utama. Seperti tanaman polong-polongan yang menyediakan unsur hara.

Dalam laman Jogjabenih, tanaman dandelions juga memiliki akar tunggang yang panjang, yang bisa mengambil unsur hara dari tanah dan membawanya ke dekat permukaan sehingga membuat tanaman di sekelilingnya tumbuh subur. 

Baca juga: Apa Itu Saham, Pengertian dan Keuntungan Saham

Baca juga: Apa Itu EFIN

Bisa pula memilih tanaman perangkap hama seperti selada air. Selada air bisa menarik perhatian ulat tanaman, sehingga ulat tak menyerbu tanaman utama.

Untuk mencegah serangan hama, bisa menanam tanaman yang berbau menyengat seperti tanaman kenikir.  Untuk cabai sendiri, tanaman pendamping yang paling cocok adalah tomat, bawang-bawangan, bunga matahari atau kacang polong.

Dalam satu lahan, tanamlah cabai dan satu dari beberapa jenis tanaman tersebut. Bawang-bawangan bisa mengusir Aphids atau kutu daun. Sedangkan tomat bisa mengusir kumbang yang menghambat pertumbuhan cabai. Tapi ingat, jangan menanam cabai di dekat keluarga kubis-kubisan karena kedua tanaman ini tak cocok tumbuh berdekatan. 

Dilansir dari Kompas pada Jumat (5/3/2021), harga cabai di sejumlah daerah dilaporkan melambung tinggi. Di sejumlah pasar di Kota Tangerang, Banten, harga cabai bahkan mencapai Rp 150.000 per kilogram.

Salah satu solusi mendapatkan pedas cabai dengan biaya murah adalah dengan menanamnya sendiri di pot atau pekarangan rumah. Namun sayang, menanam cabai memiliki beberapa kendala.

Baca juga: Apa Itu SPT

Baca juga: Apa Itu Mutasi Virus Corona B.1.1.7

Berbagai hama mungkin datang dan membuat tanaman cabai Anda tak tumbuh subur atau malah mati. Hama pada cabai beragam.

Halaman
123
Penulis: Reni Ravita
Editor: Resky Mertarega Saputri
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved