Breaking News:

Tegal Mas Lampung

Hiu Paus Kembali Muncul di Tegal Mas, Nelayan Teluk Lampung Anggap sebagai Berkah

Hius paus atau whale shark (Rhincodon typus) kembali terlihat di permukaan perairan sekitar Pulau Tegal Mas, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Selasa.

Editor: Andi Asmadi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESAWARAN – Hius paus atau whale shark (Rhincodon typus) kembali terlihat di permukaan perairan sekitar Pulau Tegal Mas, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Selasa (16/3/2021).

Kemunculan hiu paus hingga ke permukaan laut di kawasan sekitar Pulau Tegal Mas hingga Pulau Tangkil juga pernah terjadi akhir 2019. Malah, pada April 2018, hiu paus terdampar di perairan Sukaraja.

Hiu Paus merupakan jenis ikan, bukan mamalia, karena bernapas dengan insang. Meski bernama nama “hiu”, ikan yang merupakan spesies terbesar ini tergolong jinak.

Ikan ini menyandang nama paus karena tubuhnya yang besar menyerupai paus (mamalia). Makanannya adalah plankton yang disaring dari air laut.

Informasi yang diperoleh Tribun, Selasa, setidaknya terlihat dua ekor hiu paus yang terus berenang berkeliling di permukaan laut di sekitar Pulau Tegal Mas.

Pengunjung pulau yang naik perahu dari dermaga di Mutun, dalam perjalanannya sempat melihat hiu paus ini di permukaan laut.

Owner Tegal Mas, Thomas Azis Riska, menunjuk hiu tutul sepanjang 15 meter yang sempat terdampar di pantai Sukaraja Lampung, April 2018. Hiu paus kembali muncul di perairan Tegal Mas pada Selasa 16 Maret 2021.
Owner Tegal Mas, Thomas Azis Riska, menunjuk hiu tutul sepanjang 15 meter yang sempat terdampar di pantai Sukaraja Lampung, April 2018. Hiu paus kembali muncul di perairan Tegal Mas pada Selasa 16 Maret 2021. (Istimewa)

Owner Pulau Tegal Mas, Thomas Azis Riska, yang dihubungi Tribun terkait kemunculan hiu paus tersebut, mengatakan, hiu paus muncul di perairan itu karena mencari makanan.

Dan, karena makanannya adalah plankton, maka ia akan mencari air laut yang belum tercemar dan memiliki banyak plankton.

Thomas mengungkapkan, saat menyelam beberapa kali bertemu dengan hiu paus di perairan yang agak dalam antara 10 meter hingga 30 mter.

“Sekitar belasan kali berpapasan, malah sempat berdekatan,” tuturnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved