Breaking News:

UM Metro

Dosen UM Metro Beri Pelatihan Pembuatan Ecoprint Menggunakan Teknik Steam dan Pemasaran

Tiga dosen Universitas Muhammadiyah (UM) Metro beri pelatihan pembuatan ecoprint menggunakan teknik steam dan pemasaran melalui e-commerce bagi Dasa W

ist
Tiga dosen Universitas Muhammadiyah (UM) Metro beri pelatihan pembuatan ecoprint menggunakan teknik steam dan pemasaran melalui e-commerce bagi Dasa Wisma Hadimulyo Timur, Metro Pusat, Kota Metro pada Sabtu-Ahad, 10-11 April 2021. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Tiga dosen Universitas Muhammadiyah (UM) Metro beri pelatihan pembuatan ecoprint menggunakan teknik steam dan pemasaran melalui e-commerce bagi Dasa Wisma Hadimulyo Timur, Metro Pusat, Kota Metro pada Sabtu-Ahad, 10-11 April 2021.

Ketiga dosen tersebut adalah Dr, Sudarman Dami, M.Pd, Dr. Sutrisni Andayani, M.Pd, dan Yeni Rahmawati, M.Pd. yang merupakan dosen berhomebase di Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM Metro.

Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan dua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika dan diikuti 13 peserta dari Hadimulyo Timur.

Dr. Sudarman menerangkan para peserta dapat memanfaatkan tanaman di lingkungan sekitar dalam pembuatan ecoprint yang ramah lingkungan.

“Kegiatan ini berguna bagi ibu-ibu mitra untuk dapat memanfaatkan tanaman di sekitar rumah dalam pembuatan ecoprint yang ramah lingkungan dan bernilai jual tinggi,” kata Dr. Sudarman.

Menurutnya pewarnaan batik dapat diambil dari bahan daun-daunan dan bunga yang ada di sekitar rumah warga.

“Pewarnaan batik ecoprint dapat menggunakan zat warna alami yang berasal dari daun-daunan dan bunga,” tambahnya.

Senada dengan pernyataan Dr. Sudarman, Dr. Sutrisni memaparkan proses pembuatan pewarnaan batik ecoprint agar menghasilkan berbagai motif.

“Dengan pelatihan dan pendampingan pembuatan ecoprint peserta memahami tentang ecoprint dan dapat membuatnya menggunakan bahan daun-daunan dan bunga yang disusun pada kain melalui proses mordan dan teknik steam (kukus) sehingga menghasilkan berbagai motif dan warna menggunakan zat warna alami dari daun dan kayu,” jelas Dr. Sutrisni.

Sementara Yeni menjelaskan, para peserta memiliki kesempatan memiliki pengalaman untuk praktik langsung membuat ecoprint.

Halaman
12
Penulis: Advertorial Tribun Lampung
Editor: Advertorial Tribun Lampung
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved