Breaking News:

Lampung Barat

2 Pekon di Lampung Barat Ikut Serta dalam Program Pemajuan Kebudayaan Desa

Dua Pekon di Lampung Barat, yakni Pekon Pura Jaya Kecamatan Kebun Tebu dan Pekon Kenali diikutsertakan dalam program Pemajuan Kebudayaan Desa 2021.

Tribunlampung.co.id/Nanda
Kabid Kebudayaan Disdikbud Lampung Barat Riady Andrianto di kantornya. 2 Pekon di Lampung Barat Ikut Serta dalam Program Pemajuan Kebudayaan Desa 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG BARAT - Dua Pekon di Lampung Barat, yakni Pekon Pura Jaya Kecamatan Kebun Tebu dan Pekon Kenali Kecamatan Belalau diikutsertakan dalam program Pemajuan Kebudayaan Desa Tahun 2021 bersama 357 desa lainnya se-Indonesia.

Program tersebut merupakan satu di antara program prioritas Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Barat Riady Andrianto.

"Pemajuan kebudayaan desa merupakan platform kerja bersama membangun desa mandiri melalui peningkatan ketahanan budaya dan kontribusi budaya desa di tengah peradaban dunia," kata Riady, Selasa (18/5/2021).

"Program ini didukung juga oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT)," tambahnya.

Adapun sasaran dari program ini adalah, lanjut Riady, masyarakat desa (komunitas) sebagai subjek dari pemajuan kebudayaan desa dan perangkat desa.

Baca juga: Pemkab Lampung Barat Gelar Halal Bihalal Secara Virtual

"Dengan bertujuan untuk mendukung proses dan mewujudkan inisiatif pemajuan kebudayaan melalui pemberdayaan masyarakat desa," terangnya.

Terpilihnya dua pekon tersebut, kata Riady, lantaran kedua pekon tersebut memenuhi sejumlah kriteria untuk diikutsertakan dalam program Pemajuan Kebudayaan Desa.

"Di antaranya, desa yang berada di sekitar kawasan cagar budaya nasional atau memiliki Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang telah ditetapkan," kata Riady.

"Kemudian, desa di sekitar titik jalur rempah, Balai Besar Taman Nasional, tipe desa tertinggal hingga berkembang (Kemendes PDTT)," lanjut dia.

Baca juga: Wisata Hamtebiu Lampung Barat Banyak Disinggahi Pengunjung di Hari Ketiga Lebaran

Halaman
12
Penulis: Nanda Yustizar Ramdani
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved