Breaking News:

Kota Metro

PPDB SMA 2021 Tidak Menerima Surat Keterangan Domisili

Pada penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA tahun 2021 di Kota Metro, dipastikan tidak akan menerima surat keterangan domisili.

Dok. Disdik DKI/Kompas.com
Ilustrasi - Apa Itu Jalur Prestasi dalam PPDB 2021. penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA tahun 2021 di Kota Metro, dipastikan tidak akan menerima surat keterangan domisili. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Pada penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA tahun 2021 di Kota Metro, dipastikan tidak akan menerima surat keterangan domisili.

Ketua MKKS SMA Suparni mengatakan, sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, pelaksanaan PPDB jenjang SMA dikategorikan dalam empat jalur.

Jalur zonasi dengan kuota 50 persen, afirmasi dengan kuota 15 persen, perpindahan tugas orang tua/wali sebanyak 5 persen, dan jalur prestasi kuota sebanyak 30 persen.

"Nah, kita lihat dari tahun sebelumnya,  maka surat keterangan domisili diperketat. Dengan artian, masih dapat dilampiri hanya apabila terjadi darurat bencana. Selain dari itu tidak," jelas Suparni saat sosialisasi bersama awak media, Kamis (03/06/2021).

Menurutnya, dalam Permendikbud itu juga dijelaskan jika pemakaian surat domisili dapat dilakukan kepada siswa terdampak bencana atau adanya masalah sosial. 

Baca juga: Catat Cara Pendaftaran PPDB 2021, Jadwal dan Syaratnya

"Kami sudah koordinasi dengan pihak kelurahaan dan kecamatan. Artinya, jika surat keterangan tersebut digunakan sebagai syarat PPDB agar lebih diperketat dalam penerbitan. Kecuali jika terjadi bencana seperti kebakaran atau adanya masalah sosial," terangnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 5 Provinsi Lampung Indarti menambahkan, agar siswa dan orang tua murid lebih bijak jika mengikuti jalur zonasi.

"Kalau sekolah yang diingin terlalu jauh dan tidak ada kemungkinan lolos melalui jalur zonasi, maka orang tua murid harus mencari sekolah yang dekat dengan kediamannya. Kalau pun memang benar berkeinginan sekolah yang jauh gunakan jalur prestasi. Karena ada 30 persen kuota dari daya tampung sekolah," ujarnya

Indarti mengatakan, pada tahun ini tidak ada sistem cabut berkas. Karena sudah diatur dalam sistem. Sehingga harus benar-benar mempertimbangkan jalur yang tepat saat mendaftar PPDB.(Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: Dedi Sutomo
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved