Breaking News:

Metro

Gapoktan Usaha Maju Margodadi Panen Dua Karung Tikus Seusai Gropyokan

Gapoktan Usaha Maju Margodadi mendapat dua karung tikus selama dua hari dalam aksi gropyokan basmi hama di wilayah setempat. Hal ini akan dilakukan te

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: Hanif Mustafa
Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak
Gropyokan yang dilakukan Gapoktan Usaha Maju Margodadi Metro 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Gapoktan Usaha Maju Margodadi mengaku telah mendapat dua karung tikus dalam aksi gropyokan basmi hama di wilayah setempat.

Ketua Gapoktan Usaha Maju Sudibyono Seputro mengatakan, gerdal gropyokan lahan persawahan ini telah dua kali dilakukan petani setempat dan menghasilkan sekitar dua karung tikus.

"Lahan di kelompok saya itu kurang lebih 41 hektare dengan 80 anggota. Kalau setiap musim pasti ada yang terserang hama tikus, kalau musim kemarin tidak seberapa parah. Ada, tapi tidak banyak yang dimakan tikus," ujarnya, Kamis (10/6/2021).

Namun, pada musim gadu ini pihaknya belum bisa memastikan apakah hama tikus akan mewabah lagi, namun untuk meminimalisir hal tersebut pihaknya bergerak dengan menggelar gropyokan.

"Hama tikus kali ini ancaman bagi petani. Tahun ini memang kemungkinan lebih banyak dari tahun lalu. Karena ini masih persemaian saja sudah diserang, otomatis akan menjadi kendala pada masa tanam nanti," tukasnya. 

Baca juga: DKP3 Kota Metro Imbau Gapoktan Lakukan Gropyokan untuk Usir Hama Tikus

Ia menambahkan, setelah masa taman padi petani berencana akan memasang umpan beracun di masing-masing petakan sawah.

Kemudian melakukan gropyokan yang disarankan oleh DKP3 Kota Metro seminggu dua kali hingga masa tanam berjalan. 

"Kita sudah lakukan dua kali. Minggu depan kita akan coba lagi ajak kawan-kawan petani. Mudah-mudahan bisa kita atasi," tuntasnya.

DKP3 Kota Metro Imbau Gropyokan

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro mengimbau Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) setempat untuk mengadakan gropyokan hama tikus.

Baca juga: Metro Heritage Sebar Tulisan Sejarah di Sosmed demi Gaet Kawula Muda

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved