Breaking News:

Metro

PPDB SMA di Metro Pakai Jalur Prestasi Disambut Baik Ortu Siswa

Wali murid di Metro menyambut positif keputusan yang memperbolehkan penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK mengakses jalur prestasi dalam satu z

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: Daniel Tri Hardanto
istimewa
Rio Delbe (kanan) bersama putrinya. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Wali murid di Metro menyambut positif keputusan yang memperbolehkan penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK mengakses jalur prestasi dalam satu zonasi.

Wali murid bernama Rio Delbe mengatakan, sebelumnya ia sempat mendaftarkan putrinya melalui jalur prestasi.

Namun, sistem menolak dan menempatkan otomatis ke jalur zonasi.

"Pada sistem itu, untuk jalur prestasi hanya tersedia satu sekolah. Dan itu sangat jauh jarak yang ditempuh dari tempat tinggal saya. Yang dekat ya yang satu zonasi. Cuma kok enggak bisa pakai prestasi," bebernya, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: DPRD Metro Desak Disdikbud Lampung Tunda PPDB SMA dan SMK

Ia menjelaskan, anaknya memiliki prestasi di cabang olahraga taekwondo.

Di antaranya, juara I tingkat internasional di Bali, medali perak Piala Menhan 2018, dan juara I tingkat nasional Kapolri Cup 2019.

"Kemarin yang prestasi hanya di SMAN 3. Padahal rumah saya lebih dekat ke SMAN 1. Nah, persoalannya, kalau lewat zonasi atau jarak, pasti urutan anak saya dapat tersalip dengan rumah yang lebih dekat lagi. Tapi saya tetap optimis karena kabarnya dalam satu zonasi boleh pakai jalur prestasi," imbuhnya.

Ia mengaku, telah mendaftar ulang kembali melalui jalur prestasi.

Selaku orang tua, dirinya sangat senang dengan kebijakan jalur prestasi dalam satu zonasi pada PPDB 2021.

Karena sangat adil dan tidak merugikan warga yang memiliki prestasi.

"Ini kan jadi motivasi bagi putra-putri di Kota Metro. Ke depan anak-anak kita akan lebih gencar mencari prestasi, baik itu akademik maupun non akademik. Namanya kan jelas, jalur prestasi, jadi tak perlu dibatasi zonasi, kan sudah masing-masing jalurnya," tandasnya.

Terpisah, Ketua Komisi II DPRD Metro Fahmi Anwar menyambut baik penerapan jalur prestasi sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 dan Pergub Lampung Nomor 16 Tahun 2021.

"Kan sudah jelas, daftar PPDB ada empat jalur. Menjadi tidak adil, jika calon murid mendaftar melalui jalur prestasi, tapi dibatasi dengan zonasi. Harapan kita, persoalan seperti ini ke depan tidak lagi terulang," tuntasnya. ( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved