Breaking News:

Metro

Wahdi Minta UMKM di Metro Perluas Lapangan Pekerjaan

Wali Kota Metro Wahdi meminta UMKM memperluas lapangan pekerjaan dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat.

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: Daniel Tri Hardanto
Dok Pemkot Metro
Pelatihan usaha olahan susu bagi pelaku UMKM di LEC Kartikatama, Metro, Jumat (18/6/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Wali Kota Metro Wahdi meminta UMKM memperluas lapangan pekerjaan dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat.

"Pertumbuhan UMKM akan mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat, terutama tersedianya lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan bagi masyarakat," ujarnya saat membuka pelatihan usaha olahan susu bagi pelaku UMKM di LEC Kartikatama, Jumat (18/6/2021).

Ia mengaku, Pemkot Metro saat ini terus berupaya memberdayakan ekonomi masyarakat dengan penguatan pemilikan faktor-faktor produksi. Baik penguasaan distribusi dan pemasaran, penguatan masyarakat untuk mendapatkan penambahan ekonomi, serta untuk memperoleh informasi, pengetahuan dan keterampilan.

"Tentu ini harus dilakukan secara multiaspek, baik dari masyarakat sendiri, maupun kebijakan. Untuk menjadi seorang pengusaha memang diperlukan dana, tapi yang paling terpenting niat, tenaga, kerja keras, serta ulet dalam menjalankan usaha tersebut," ungkapnya.

Baca juga: Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern di Metro Diinstruksikan Tutup Jam 8 Malam

Sementara Kepala Dinas UMKM Kota Metro Siti Aisyah menjelaskan, pelaku UMKM diharapkan mampu terus mengasah keterampilan dan keahlian, baik dari pendidikan formal maupun kursus atau pelatihan.

"Pelatihan ini bertujuan untuk menumbuhkan pendapatan masyarakat, dan mengembangkan SDM di Kota Metro untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif," ungkapnya.

Ia menambahkan, selain pelatihan juga diberi bantuan kepada IKM berupa mesin penepung susu, 15 wajan untuk tiga kelompok usaha, satu mesin pasteurisasi, rak stainless, meja stainless, dan mesin continuous sealer. ( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved