Breaking News:

Tanggamus

Pemkab Tanggamus Lampung Harap Pusat Percepat Distribusi Vaksin Covid-19

Pemkab Tanggamus mengharapkan pemerintah pusat mempercepat distribusi vaksin Covid-19 dan mengatasi berbagai keterbatasan peralatan medis.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: soni
dokumentasi
Pemkab Tanggamus Lampung Berharap Pusat Percepat Distribusi Vaksin Covid-19 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Pemkab Tanggamus mengharapkan pemerintah pusat mempercepat distribusi vaksin Covid-19 dan mengatasi berbagai keterbatasan peralatan medis. 

Hal itu disampaikan Bupati Tanggamus Dewi Handajani ke Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto dan Kepala BNPB Gani Warsito melalui telekonferensi.

Menurut Dewi, kondisi yang dialami Tanggamus sama dengan kabupaten/ kota lainnya, yakni vaksinasi yang masih sangat rendah. Sekarang di Tanggamus dosis kedua baru mencapai 5,12 persen.

Untuk itu Dewi berharap pemerintah pusat mempercepat distribusi vaksin. Serta memberikan bantuan terkait keterbatasan oksigen, sarana prasarana seperti ambulance, rumah sakit, APD, obat-obatan, insentif tenaga kesehatan dari APBN, bansos untuk rumah isolasi di desa. 

Saat ini Tanggamus berada pada PPKM level 3. Hal itu karena Pemkab Tanggamus melakukan tracing menyeluruh. Kini seluruh puskesmas melakukan penguatan tracing, penanganan, treatment serta lainnya. Dan jumlah kasus kematian berkisar 4 persen. 

"Untuk Kabupaten Tanggamus sendiri sama seperti kabupaten/kota yang lain di Provinsi Lampung, melakukan upaya-upaya pencegahan, penanganan, kemudian pembinaan, dan juga daya dukung dari PPKM mikro," kata Dewi, Sabtu (14/8/2021).

Baca juga: Bupati Dewi Handajani: Bangsa Indonesia Kini Berjuang Cegah Penularan Covid-19

Lantas untuk meningkatkan perekonomian, Dewi mengharapkan bantuan dalam Program Revitalisasi Koperasi menuju Koperasi Digital, bantuan permodalan bagi koperasi dan UMKM/IMKM.

Perlu juga program peningkatan perekonomian melalui pengembangan potensi daerah. Sebagaimana yang pernah dilaunching oleh Menko Perekonomian beberapa waktu yang lalu, yakni komoditas pisang mas di Tanggamus. 

Dan untuk Tanggamus terdapat beberapa potensi yang lainnya, seperti perkebunan dan peternakan. Semua itu potensi daerah yang harus dikembangkan demi pertumbuhan ekonomi.

Keberadaan potensi daerah harus dikolaborasikan atau diintegrasikan dengan program yang lainnya. Misalnya budidaya ataupun pembesaran ternak sapi. 

"Dengan begitu dapat menghadirkan kesejahteraan untuk masyarakat Tanggamus yang sebagian besar memiliki mata pencaharian sebagai petani, pekebun dan lainnya," ujar Dewi. ( Tribunlampung.co.id / tri yulianto )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved