Breaking News:

Lampung Barat

Kampoeng Kopi Rigis Jaya Jadi Desa Wisata Andalan di Lampung Barat

Kampoeng Kopi Rigis Jaya dinilai unggulan lantaran memiliki daya tarik tidak hanya berupa keindahan alam yang memukau serta budaya dan kearifan lokal.

Dokumentasi
Penampakan Desa Wisata Kampoeng Kopi Rigis Jaya, Kecamatan Air Hitam, Lampung Barat dari atas. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, LAMPUNG BARAT - Desa Wisata Kampoeng Kopi Rigis Jaya yang terletak di Kecamatan Air Hitam, Lampung Barat ini dinobatkan sebagai satu di antara 50 desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Kampoeng Kopi Rigis Jaya dinilai unggulan lantaran memiliki daya tarik tidak hanya berupa keindahan alam yang memukau serta budaya dengan kearifan lokalnya, tapi juga terdapat perkebunan kopi yang dibudidayakan dengan baik oleh masyarakat setempat. 

Sehingga, desa wisata ini cocok dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi dan agrowisata.

Bahkan, sewaktu berkunjung ke Rigis Jaya dalam rangka penilaian ADWI 2021 pada Rabu (29/9/2021) lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai Kampoeng Kopi memiliki potensi luar biasa untuk kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia lewat industri kopinya.

Desa Wisata Kampoeng Kopi Rigis Jaya sendiri jika ditempuh dari Bandara Internasional Radin Inten II Lampung, memakan waktu sekitar 3 - 4 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda dua taupun roda tiga dengan jarak sekira 183 kilometer. 

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan alam yang menyejukkan mata, karena dikelilingi persawahan dan perbukitan hijau.

Dengan luas lahan perkebunan sekira 498,34 hektare dengan satu hektarenya, rata-rata Desa Wisata Rigis Jaya bisa menghasilkan dua ton kopi.

Sehingga produksi kopi robusta dalam setahun bisa mencapai 1.058 ton. 

Dengan potensi kopi yang sangat besar, tidak heran bila Desa Wisata Rigis Jaya disebut sebagai Kampung Kopi andalan di Kabupaten Lampung Barat.

Lantaran mengusung konsep wisata edukasi dan agrowisata, wisatawan yang datang ke Desa Wisata Kampoeng Kopi Rigis Jaya dapat mempelajari mengenai kopi mulai dari pembibitan, budidaya, pengolahan pascapanen, penyangraian, dan penyeduhan, hingga tercipta sajian kopi yang nikmat. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved