Breaking News:

Pesisir Barat

Pemkab Pesisir Barat Lampung Ingin Kembangkan Wisata Religi di Lokasi yang Sebut Makam Gajah Mada

Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat berencanna untuk menjadikan lokasi yang disebut menjadi tempat makam patih Gajah Mada sebagai destinasi wisata

Penulis: Nanda Yustizar Ramdani | Editor: Dedi Sutomo
Dok Protokol Pesisir Barat
Ilustrasi Sekkab Pesisir Barat N Lingga Kusuma. Pemkab Pesisir Barat Lampung Ingin Kembangkan Wisata Religi di Lokasi yang Sebut Makam Gajah Mada 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESISIR BARAT – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat berencanna untuk menjadikan lokasi yang disebut menjadi tempat makam patih Gajah Mada sebagai destinasi wisata religi.

Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat N Lingga Kusuma.

"Memang ada keinginan untuk menjadikan Makam Patih Gajah Mada sebagai destinasi wisata religi," kata Lingga, Rabu (20/10/2021).

Hanya saja, lanjutnya, rencana tersebut akan melihat ketersediaan anggara daerah.

Jika APBD Pesisir Barat tahun 2022 mencukupi, lanjut Lingga, maka pihaknya akan memasukkan lokasi yang disebut-sebut Makam Patih Gajah Mada ke dalam rencana kerja pembangunan daerah.

Baca juga: Curi Pipa Besi, 3 Warga Pesawaran Lampung Digelandang Polisi

Menurutnya, makam yang disebut-sebut sebagai Makam Patih Gajah Mada itu berpotensi besar untuk menjadi destinasi wisata religi di Pesisir Barat.

Karena, di lokasi makam yang disebut-sebut sebagai makam Patih Gajah Mada, juga terdapat barang-barang pusaka yang oleh juru kunci makam Ahmad Saunan, dikatakan sebagai peninggalan Patih Gajah Mada.

"Kalau di Jawa kan hanya makam saja. Kalau di sini ada juga barang-barang pusaka peninggalannya," terang Lingga.

Nantinya, lanjutnya, pengunjung yang datang ke lokasi makam tak hanya sekedar berziarah. Tapi juga berwisata dann juga mendapatkan edukasi tentang Patih Gajah Mada.

Baca juga: Bupati Lampung Barat Bagikan Seragam Sekolah Gratis ke Pelajar SD dan SMP di Suoh

"Apa lagi Patih Gajah Mada terkenal dengan Sumpah Palapanya. Itu bisa menjadi edukasi yang sangat bagus, terutama untuk golongan pemuda," ujarnya.

Masyarakat setempat pun, kata Lingga, dapat diberdayakan untuk pelestarian Makam Patih Gajah Mada tersebut. Serta juga kedepan, bisa meningkatkan pemberdayaan masyarakat sekitar dari sektor parawisata.( Tribunlampung.co.id / Nanda Yustizar Ramdani )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved