Breaking News:

Kota Metro

DPRD Metro Lampung Minta Pemkot Realisasi Program Gratis Iuran BPJS Kes

Komisi II minta Pemkot Metro realisasikan program gratis iuran BPJS Kesehatan kelas III untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC).

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: soni
Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak
Ketua Komisi II DPRD Kota Metro Fahmi Anwar 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Komisi II minta Pemkot Metro realisasikan program gratis iuran BPJS Kesehatan kelas III untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC).

Ketua Komisi II DPRD Kota Metro Fahmi Anwar mengatakan, estimasi kebutuhan anggaran yang dibutuhkan untuk ralisasi UHC kepesertaan BPJS Kesehatan berkisar Rp 28 Miliar hingga Rp 32 Miliar lebih.

"Ini kan juga program unggulan wali kota. Jadi kita dorong tahun 2022 sudah terealisasi. Kita sudah bahas rencana untuk realisasi program gratis iuran BPJS Kesehatan kelas III. Tidak ada kendala, tinggal Pemkot mau, pasti terealisasi," ujarnya, Selasa (9/11/2021).

Baca juga: Dissos Metro Lampung Verifikasi Penduduk Miskin Belum Terdaftar BPJS

Dijelaskannya, berdasar data BPJS Kesehatan Cabang Kota Metro, UHC per september 2021 sebanyak 83,25 persen atau 143.967 jiwa kepesertaan BPJS Kesehatan dari 172.934 penduduk.

"Untuk PBPU menunggak dari Kota Metro sebanyak 17.687 jiwa peserta BPJS Kesehatan meliputi kelas I, II, dan III atau sebesar Rp 14 miliar lebih. Tapi data PBPU menunggak ini bisa berubah setiap bulan sesuai keaktifan peserta membayar kewajiban," imbuhnya.

Sementara PBPU kelas III per September 2021 sebanyak 8,642 jiwa. Adapun langkah yang perlu dilakukan untuk mencapai UHC di antaranya mendaftarkan warga yang belum terdaftar BPJS Kesehatan sebanyak 3.138 jiwa, mengalihkan PBPU kelas III menunggak, dan mengalihkan PBPU kelas III aktif.

"Lalu memastikan pekerja dari segmen pekerja penerima upah telah didaftarkan oleh pemberi kerja, memastikan penduduk yang masuk dalam DTKS diusulkan ke Kementerian Sosial agar masuk dan ditetapkan sebagai PBI JK yang dibiayai pemerintah pusat," tuntasnya. ( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak )
 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved