Breaking News:

Tanggamus

Diskominfo Tanggamus Lampung Telah Usulkan Jaringan Internet di Pulau Tabuan

Dinas Komunikasi dan Informasi Tanggamus telah mengusulkan pengentasan daerah blank spot di Pulau Tabuan, Kecamatan Cukuh Balak.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Dedi Sutomo
KOMPAS.COM
Ilustrasi Tower Telekomunikasi di Pedesaan. Dinas Komunikasi dan Informasi Tanggamus telah mengusulkan pengentasan daerah blank spot di Pulau Tabuan, Kecamatan Cukuh Balak. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS – Dinas Komunikasi dan Informasi Tanggamus telah mengusulkan pengentasan daerah blank spot di Pulau Tabuan, Kecamatan Cukuh Balak.

Sekretaris Diskominfo Tanggamus Derius mengatakan, pihaknya telah mengusulkan pengentasan daerah blank spot melalui Program Bakti Kominfo dari Kementerian Kominfo. 

Melalui program tersebut lokasi blank spot akan diberi jaringan WiFi agar mendapat jaringan internet. Sehingga kondisi tidak adanya internet bisa teratasi. 

"Untuk di Pulau Tabuan yang sudah kami usulkan di Pekon Sawang dan Pekon Karang Buah. Tinggal tunggu direalisasikan saja oleh pusat," terang Derius, Kamis (25/11/2021).

Dirinya mengungkapkan, di Kabupaten Tanggamus ada 28 lokasi blank spot yang telah diberi sarana WiFi Bakti Kominfo tahun ini. Lokasinya tersebar di Kecamatan Pematang Sawa, Kelumbayan dan Cukuh Balak. 

Baca juga: Inspektorat Tanggamus: Banyak Rekomendasi Masalah Dana Desa Belum Ditindaklanjuti Pejabat Terkait

"Sedangkan di Pulau Tabuan belum direalisasikan tapi sudah kami usulkan tinggal ditunggu saja," ujar Derius. 

Ia mengaku, sebenarnya Tanggamus tidak masuk dalam kabupaten Bakti Kominfo. Sebab pusat menyaratkan daerah terpencil, terisolir, terluar. 

Namun berkat keseriusan Diskominfo beserta Bupati Tanggamus Dewi Handajani yang meminta agar mengatasi lokasi blank spot akhirnya pusat memberikan ke kabupaten ini. Meski belum semua usulan lokasi dikabulkan pusat.

"Pengentasan daerah blank spot masuk visi misi Bupati Tanggamus Dewi Handajani dalam 55 Program Asik. Salah satu di dalamnya mengatasi daerah yang minim sinyal," terang Derius.

Program Bakti Kominfo adalah salah satu upaya mengatasi blank spot di Tanggamus. Dan program ini tujuan untuk mendorong kemajuan bidang informatika. 

Di luar itu ada pendirian tower seluler oleh provider. Namun untuk ini pihak pendiri, yakni perusahaan swasta mempertimbangkan orientasi bisnis. Hal itu yang jadi kendala pengentasan blank spot di Tanggamus. (Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto)

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved