Breaking News:

ADVERTORIAL

Kemenkumham Lampung Gelar Rakor Majelis Pengawas Wilayah Notaris

Rapat Koordinasi itu digelar dalam rangka evaluasi hasil pemeriksaan berkala protokol notaris 2021. Kegiatan berlangsung di Hotel Novotel.

Tribunlampung.co.id / Kiki Adipratama
Kementerian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Lampung menggelar Rapat Koordinasi Majelis Pengawas Wilayah Notaris Provinsi Lampung dan Majelis Pengawas Daerah Notaris se-Lampung di Hotel Novotel, Bandar Lampung, Senin (29/11/2021). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kementerian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Lampung menggelar Rapat Koordinasi Majelis Pengawas Wilayah Notaris Provinsi Lampung dan Majelis Pengawas Daerah Notaris se-Lampung.

Rapat Koordinasi itu digelar dalam rangka evaluasi hasil pemeriksaan berkala protokol notaris 2021.

Kegiatan berlangsung di Hotel Novotel, Bandar Lampung, Senin (29/11/2021).

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan ketentuan Pasal 70 huruf b Undang-undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris, dinyatakan bahwa Majelis Pengawas Daerah Notaris berwenang melakukan pemeriksaan terhadap protokol notaris secara berkala 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun atau setiap waktu yang dianggap perlu.

Baca juga: Ashanty Ungkap Alasan Panggil Notaris untuk Buat Surat Wasiat Bagi Anak-anaknya

Pemeriksaan berkala protokol notaris dimaksudkan untuk menjaga agar kondisi pengadministrasian dan penyimpanan protokol para notaris tetap dalam keadaan baik.

"Hal ini penting, karena pada dasarnya protokol notaris merupakan arsip negara yang berperan penting sebagai alat pembuktian terkuat apabila nantinya di kemudian hari terdapat permasalahan hukum berkaitan dengan akta maupun surat-surat yang dibuat oleh notaris," kata Nur Ichwan.

Selain itu, pemeriksaan berkala protokol notaris juga dimaksudkan untuk menjaga agar kinerja notaris tetap baik serta produk hukum yang dihasilkan tetap berkualitas dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sehingga jaminan kepastian hukum bagi masyarakat yang menggunakan jasa notaris akan tetap terjaga.

Oleh karena itu, pemeriksaan berkala protokol notaris harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sesuai dengan maksud dan tujuan pemeriksaan berkala protokol notaris, serta memperhatikan hal-hal apa saja yang perlu lakukan pemeriksaan.

Baca juga: Rakor Majelis Pengawas Wilayah Notaris dan Majelis Pengawas Daerah Notaris Se-Provinsi Lampung

"Jangan sampai ada hal-hal yang seharusnya penting untuk dilakukan pemeriksaan namun justru tidak dilakukan pemeriksaan," jelas Nur Ichwan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved