Breaking News:

Tanggamus

Pemkab Tanggamus Siap Cegah Tindak Korupsi Perizinan

Menurut Wabup Tanggamus AM Syafi'i, hal itu arahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan daerah bersedia mendukungnya.

Penulis: Tri Yulianto | Editor: Daniel Tri Hardanto
Grafis Tribunlampung.co.id/Dodi
Ilustrasi - Pemkab Tanggamus siap mencegah korupsi pada perizinan berbasis risiko. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Pemkab Tanggamus bersedia melaksanakan tindak pencegahan korupsi pada perizinan berbasis risiko.

Menurut Wabup Tanggamus AM Syafi'i, hal itu arahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan daerah bersedia mendukungnya.

"Tentu kami akan mendukung program pencegahan korupsi pada sektor perizinan ini. Salah satunya melalui pemanfaatan teknologi informasi, agar lebih transparan, cepat dan akuntabel," jelas Syafi'i, Jumat (3/12/2021).

Arahan pemberantasan korupsi pada perizinan disampaikan Ketua KPK RI Firli Bahuri yang merupakan rangkaian peringatan Hari Antikorupsi Sedunia.

Baca juga: 6 KWT di Semaka Tanggamus Terima Bantuan Dana Pangan Lestari

Menurut KPK, ada lima permasalahan bangsa yang harus segera diselesaikan, yaitu bencana alam dan non alam, narkoba, terorisme, radikalisme serta korupsi.

Untuk itu, tujuan nasional dapat terwujud dalam mengatasi berbagai persoalan apabila pemerintah dapat menyelesaikan empat permasalahan bangsa tersebut.

Tindak pidana korupsi merupakan permasalahan bersama, apabila dibiarkan, maka dapat merampas Hak Asasi Manusia (HAM) secara terus-menerus.

Sehingga akan berimbas pada menurunnya kualitas pendidikan dan juga berpengaruh terhadap pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Untuk mewujudkan tujuan negara yang maju serta bebas dari adanya tindak pidana korupsi, terdapat lima peranan penting yang harus dilakukan oleh seluruh kepala daerah di seluruh Indonesia.

Dan kepada pada gubernur dan bupati dan wali kota bisa memberikan kemudahan investasi dan kemudahan izin berusaha.

Ini erat kaitannya dengan mewujudkan nilai Undang-Undang Dasar 1945, yaitu memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa.

( Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved