Breaking News:

Mesuji

Minyak Goreng Naik, Diskoperindag Mesuji Lampung: Karena Harga CPO Dunia Naik

Minyak goreng di sejumlah pasar dan toko sembako di Kabupaten Mesuji alami kenaikan harga, Minggu (5/12/2021).

Penulis: M Rangga Yusuf | Editor: soni
Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto
Ilustrasi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, MESUJI - Minyak goreng di sejumlah pasar dan toko sembako di Kabupaten Mesuji alami kenaikan harga, Minggu (5/12/2021).

Menurut Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, UMK, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Mesuji Eka Apriyanto, kenaikan harga minyak goreng difaktori oleh harga Crude Palm Oil (CPO) dunia naik mencapai 44 persen dari harga normal.

"Kemudian memang industri kelapa sawit di Indonesia sendiri kan bukan industri dari hulu ke hilir. Artinya industrinya tidak menanam sawit sendiri dan tidak mengolah CPO sendiri," ujarnya.

Baca juga: Minyak Goreng di Mesuji Lampung Naik Hingga Rp 10 Ribu per Liter

Akan tetapi, ungkap Eka, lebih kepada membeli CPO untuk diubah menjadi minyak goreng.

Sehingga, Eka menilai, mau tidak mau ketergantungan akan CPO semakin tinggi, dan menyebabkan tidak bisa mengontrol harga minyak goreng di pasaran ketika harga CPO naik.

Selanjutnya, kata Eka, faktor lainnya yaitu produksi hasil sawit yang menurun. Sebab, ada masa hasil buah yang diperoleh dari tumbuhan sawit kurang produktif.

"Nah untuk awal November, Desember sampai dengan Januari produktivitas buah sawit mulai turun nanti mulai lagi naik atau produktif di April," terangnya.

Eka menjelaskan, untuk kenaikan harga minyak goreng sendiri telah terjadi sejak sebulan terakhir, tepatnya pada awal November 2021.

Lebih lanjut, Eka menuturkan, sampai saat ini pihaknya terus memantau perkembangan dari Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perdangangan Dalam Negeri.

"Sebab, saat ini Kementerian Perdagangan sedang menggandeng asosiasi dan produsen minyak goreng sawit untuk menjaga pasokan minyak goreng dengan harga terjangkau," jelasnya.

( Tribunlampung.co.id / Rangga Yusuf )

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved