Breaking News:

Kota Metro

Target JKN di Metro Lampung Capai 85 Persen

Pemerintah Kota (Pemkot) Metro mencapai target 85 persen Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: soni
tribunlampung.co.id/dodi kurniawan
Ilustrasi - Kartu BPJS Kesehatan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro mencapai target 85 persen Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS). 

"Target kita kan ada 10.000 warga kurang mampu yang bakal mendapatkan JKN KIS tahun ini. Kemarin masih kurang 1.500 warga lagi yang belum masuk. Tapi sekarang semuanya sudah terpenuhi. Sehingga pencapaian sekarang 85 persen," beber Kepala Dinas Sosial Kota Metro Rachmad Zainudin, Minggu (5/12/2021).

Dijelaskannya, upaya mewujudkan 85 persen dilakukan untuk mengejar pencapaian kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) pada tahun 2022. Dengan capaian minimal 95 warga Kota Metro terdaftar JKN KIS.

"Nah, untuk tahun depan kita akan data lagi kekurangannya. Sehingga bisa mencapai 95 persen. Tapi ini khusus warga yang tidak mampu yang mendapatkan JKN KIS kelas 3," terangnya. 

Adapun proses pendataan UHC dilakukan berdasarkan usulan DPRD dengan leading sector Dinas Kesehatan. Sementara Dinas Sosial untuk proses pendataan khususnya bagi warga yang tidak mampu.

Baca juga: DPRD dan Pemkot Metro Sepakati Anggaran untuk Mencapai Kesehatan Semesta Program JKN-KIS

"Muaranya tetap di Dinas Kesehatan sebagai leading sector. Kami hanya melakukan pendataan warga yang tidak mampu untuk diserahkan ke Dinkes. Selanjutnya ditindaklanjuti untuk didaftarkan ke BPJS Kesehatan kelas 3," paparnya. 

Diketahui, DPRD dan Pemkot Metro telah sepakat mewujudkan kesehatan semesta atau UHC tahun 2022, dengan menganggarkan penambahan kuota JKN KIS sebesar Rp 21 miliar. ( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak )
 

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved