Breaking News:

Kota Metro

Perusahaan di Metro Lampung Diminta Pekerjakan Disabilitas

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Metro meminta perusahaan yang ada di wilayah setempat memperkerjakan warga disabilitas. 

Penulis: Indra Simanjuntak | Editor: soni
Tribunlampung.co.id / Tri Yulianto
Ilustrasi 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Metro meminta perusahaan yang ada di wilayah setempat memperkerjakan warga disabilitas. 


Kepala Disnakertrans Kota Metro Komaruddin mengatakan, pemerintah pusat telah mengeluarkan aturan dimana perusahaan harus memperkerjakan warga disabilitas, sesuai Pasal 14 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1997.


"Dengan kemajuan digitalisasi saat ini kita akan mendorong perusahaan memperkerjakan warga disabilitas. Pasal 14 menyebutkan perusahaan harus mempekerjakan sekurang-kurangnya satu penyandang cacat yang memenuhi persyaratan dan kualifikasi," tukasnya, Senin (13/12/2021).


Sedangkan pasal 53 menyebutkan, Pemerintah, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah wajib mempekerjakan paling sedikit dua persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja.

Baca juga: Pekerjakan Penyandang Disabilitas, CV Shiha Ali Berkah Tulangbawang Raih Penghargaan dari Menaker


"Tapi untuk perusahaan swasta wajib mempekerjakan paling sedikit satu persen dari jumlah pegawai atau pekerja. Aturan sudah jelas mengenai pekerjaan bagi penyandang disabilitas didukung UU nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas," bebernya. 


Karena itu, ia berharap perusahaan yang ada di Kota Metro dapat memberi kesempatan bekerja. ( Tribunlampung.co.id / Indra Simanjuntak )
 

--

Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved