Breaking News:

Lampung

Gubernur Lampung Launching Aplikasi 'Sikap' Guna Tingkatkan Pelayanan Berbasis Digital

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan launching aplikasi Sistem Informasi Kantor Virtual Pegawai (Sikap) Provinsi Lampun

Ist
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan launching aplikasi Sistem Informasi Kantor Virtual Pegawai (Sikap) Provinsi Lampun 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi launching aplikasi Sistem Informasi Kantor Virtual Pegawai (Sikap) Provinsi Lampung, di Mahan Agung, Senin (3/1/2022).

Gubernur Arinal menyampaikan, aplikasi ini merupakan inovasi sebagai bukti bahwa Pemerintah Provinsi lampung khususnya dalam bidang kepegawaian terus berbenah diri memberikan pelayanan terbaik berbasis digital kepada masyarakat, khususnya ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

"Aplikasi ini berbasis web dan dapat langsung digunakan melalui handphone, laporan kegiatan dan absensi berbasis gambar dan lokasi, sehingga lebih memudahkan pimpinan dalam melakukan monitor dan evaluasi secara berjenjang terhadap bawahannya," ujar Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal menjelaskan Fenomena revolusi industri 4.0 telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia, termasuk ekonomi, dunia kerja, bahkan gaya hidup manusia.

Revolusi 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan berbagai bidang termasuk dalam dunia pemerintahan/birokrasi.

"Birokrasi yang baik menjadi kunci sebuah Pemerintahan yang baik untuk melaksanakan pembangunan. Untuk itulah reformasi birokrasi harus terus dilakukan," jelasnya.

Reformasi Birokrasi ini mencakup penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengambilan keputusan dan penegakan disiplin, tidak hanya disiplin kehadiran dan kinerja tetapi juga disiplin dalam pelaksanaan anggaran, serta disiplin dalam pengelolaan aset, pembangunan budaya kerja, kultur birokrasi yang berbasis etika dan inovasi.

"Dengan penerapan reformasi birokrasi ini, diharapkan akan mengantarkan kepada praktik pemerintahan yang bersih (clean government) dan tata kelola pemerintahan yang baik (good government)," ujar Gubernur Arinal.

Arinal menambahkan reformasi birokrasi juga dilakukan agar tercipta birokrat yang responsif, kompetitif dan inovatif, terutama inovatif dalam teknologi. "Artinya birokrat yang responsif menyikapi aspirasi dan tuntunan masyarakat," tambahnya.

Gubernur Arinal mengharapkan agar lebih tanggap dan cepat bergerak ketika ada keluhan publik/masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved